Sukses

Studi: Lakukan Ini di Malam Hari Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda

Melakukan ini di malam hari ternyata dapat meningkatkan memori Anda

Liputan6.com, Jakarta Memori adalah bagian penting dari fungsi kognitif kita, memberikan latar belakang penting untuk pembelajaran, pemikiran, pemahaman, dan siapa kita sebenarnya. Namun, masalah memori sering terjadi, terutama pada mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Faktanya, 40 persen manula mengalami beberapa bentuk gangguan daya ingat terkait usia. Demikian menurut sebuah studi tahun 2002 di jurnal BMJ.

Untungnya, ada kabar baik bagi mereka yang berharap dapat mempertahankan ingatannya: kebiasaan sederhana yang meningkatkan kesehatan otak dapat membantu membalikkan penurunan ingatan Anda.

Para ahli mengatakan dengan melakukan satu hal ini di malam hari, Anda dapat meningkatkan daya ingat Anda secara signifikan, dan juga menuai manfaat lainnya. Hal tersebut yakni tidur nyenyak tanpa gangguan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penelitiannya

Para ilmuwan telah lama percaya bahwa tidur malam yang baik dikaitkan dengan konsolidasi ingatan. Sekarang, sebuah studi baru yang diterbitkan bulan ini di jurnal mitra Nature NPJ: Science of Learning telah mengonfirmasi bahwa durasi tidur gelombang lambat yang lebih lama dapat meningkatkan daya ingat.

Para peneliti mengumpulkan sekelompok 24 subjek berusia 18 hingga 31 tahun, dan meminta mereka untuk menghafal 80 wajah dan nama—40 dari kelas sejarah Amerika Latin hipotetis dan 40 lainnya dari kelas sejarah Jepang. Subyek kemudian tidur siang dengan electroencephalogram (EEG) untuk memantau gelombang otak mereka, dan membacakan beberapa nama dengan keras selama fase gelombang lambat tidur.

 

3 dari 5 halaman

Hasil penelitian

Ketika mereka bangun, subjek diminta untuk mengingat nama-nama yang telah mereka pelajari sebelum tidur. Para peneliti menemukan bahwa "pengingat nama orang meningkat secara signifikan ketika ingatan tentang asosiasi nama-wajah yang baru dipelajari diaktifkan kembali saat mereka tidur siang."

Tim menyimpulkan bahwa "manfaat memori berkorelasi positif dengan durasi tidur tahap N3 (tidur gelombang lambat) dan berkorelasi negatif dengan ukuran gangguan tidur."

Ingatan yang berhasil tergantung pada "tidur gelombang lambat yang cukup dan tidak terganggu," tulis para peneliti.

 

4 dari 5 halaman

Otak juga sepertinya melakukan ini secara alami

Tidur terjadi dalam dua bentuk, tidur REM (yang menyumbang 20 persen tidur) dan tidur non-REM (yang menyumbang 80 persen sisanya). Tidur non-REM dibagi menjadi empat tahap: tahap pertama adalah tidur paling ringan dan tahap empat adalah yang terdalam.

Tidur gelombang lambat—tahap di mana kita tampaknya mengkonsolidasikan ingatan—terjadi pada tahap ketiga dan keempat. Meskipun ingatan subjek penelitian NPJ diaktifkan kembali secara eksternal selama tahap tidur ini, para ahli percaya bahwa otak juga melakukan ini secara alami saat Anda tidur.

"Selama tidur malam yang khas, banyak ingatan semacam itu mungkin dikonsolidasikan, masing-masing diaktifkan kembali untuk meningkatkan retensi di masa depan," kata sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Communications Biology.

 

5 dari 5 halaman

Ini cara untuk mendapatkan tidur nyenyak yang lebih baik

Menurut The Sleep Association, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai periode tidur nyenyak yang lebih lama.

"Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah tidur nyenyak Anda adalah dengan memberi diri Anda waktu tidur total yang cukup. Seringkali, individu akan kehilangan tidur total yang cukup. Selain mengurangi tidur nyenyak, tidur REM juga dipersingkat," ahli mereka menjelaskan.

Selain itu, mereka menyarankan untuk membangun beberapa periode "olahraga yang kuat" ke dalam rutinitas harian Anda, mencatat bahwa beberapa penelitian telah menemukan bahwa itu membantu untuk "meningkatkan atau mengkonsolidasikan tidur nyenyak."

Mengikuti diet sehat — khususnya diet rendah karbohidrat — juga telah terbukti meningkatkan tidur gelombang lambat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.