Sukses

6 Rahasia Orang Jepang Bisa Hidup Lebih Sehat dan Berumur Panjang

Liputan6.com, Jakarta - Jepang berada di urutan pertama dalam harapan hidup di antara semua negara di dunia. Jika umur rata-rata individu di Swiss sekitar 83,4, sementara di Jepang adalah 84,3. 

Namun, yang paling utama bukan hanya umur panjang, tapi bagaimana hidup bahagia dan sehat.

Untuk itu, yuk ketahui apa saja yang dilakukan individu di Jepang untuk menjaga tubuh sehat dan umur panjang. Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Jumat (28/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Makan dengan porsi kecil lebih baik

Orang Jepang percaya porsi yang lebih kecil mendorong makan lebih lambat. Itulah yang sebenarnya perlu Anda pahami lebih baik apakah Anda sudah kenyang atau belum. 

Prioritaskan banyak piring kecil daripada satu piring besar. Ini bisa membantumu untuk tidak makan berlebihan dan, sebagai hasilnya, itu bisa mempertahankan berat badan yang sehat.  

 

3 dari 7 halaman

2. Makan sampai 80% kenyang

Makan terlalu cepat tidak dianjurkan karena dibutuhkan sekitar 20 menit dari saat Anda mulai makan agar otakmu mengirim sinyal kenyang. 

Orang Jepang mengetahui fakta ini dan menggunakan satu aturan sederhana yakni makanlah hanya sampai Anda 80 persen kenyang atau hanya 8 dari 10 bagian makanmu.

4 dari 7 halaman

3. Hanya konsumsi satu sendok teh minyak dan 0,9 gram garam

Nagano adalah salah satu daerah tersehat di Jepang. Umur penduduk di sana sekitar 80-87 tahun. Sebuah survei menemukan bahwa penduduk Nagano rata-rata mengonsumsi 15,1 gram garam per hari dan jumlah tersebut berdampak buruk bagi kesehatan. 

Sebagai gantinya, disarankan untuk mengurangi konsumsi garam menjadi 0,9 gram dan hanya satu sendok teh minyak goreng.

5 dari 7 halaman

4. Lebih suka berjalan daripada berolahraga

Seperti yang kita tahu, orang Jepang suka tetap aktif sepanjang hidup mereka. Salah satu olahraga favorit mereka adalah jalan kaki. 

Mereka masih bisa mengobrol selama itu, jadi ini adalah kombinasi dari keuntungan dan kesenangan.

6 dari 7 halaman

5. Makan tahu

Tahu menjadi ciri khas makanan Jepang. Bukan hanya vegan, tapi menjaga kulitmu tetap elastis, sehingga Anda terlihat lebih muda. 

Selain itu, tahu mengurangi risiko penyakit kardio dan kanker, juga membantu menjaga berat badan yang sehat.

7 dari 7 halaman

6. Mandi beruap

Ritual mandi beruap tidak hanya membuat rileks, tapi juga baik untuk kesehatan kita. Saat mandi beruap, Anda perlu menggunakan minyak esensial untuk membantu kulit.

Namun perlu diingat, jangan terlalu lama mandi beruap karena Anda akan merasa kepanasan. Selain itu, indikator terbaik dari suhu sauna yang sempurna adalah tubuh Anda sendiri.