Sukses

5 Cara Alami Mencegah Pertumbuhan Bulu Halus di Wajah

Ada beberapa cara alami untuk memperlambat petumbuhan berlebihan bulu halus di wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki bulu halus di wajah menjadi hal yang biasa dan normal. Namun dalam beberapa kasus, bulu halus yang gelap dan kasar muncul di wajahmu dan itu sangat mengganggu kepercayaan diri bagi segilintir individu.

Kondisi yang tidak menyenangkan ini disebut hirsutisme dan seringkali disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Meski waxing dan laser hair removal bisa membantu menghilangkan rambut yang tidak diinginkan, nyatanya ada beberapa cara alami untuk menguranginya yang sama efektifnya.

Berikut beberapa cara memperlambat petumbuhan berlebihan bulu halus di wajah secara alami, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (11/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Minum teh spearmint

Teh spearmint berbau dan rasanya enak. Selain menenangkan sarafmu, itu bisa mengurangi jumlah hormon pria yang mengalir melalui darahmu. 

Karena hormon pria bertanggung jawab atas rambut wajah gelap yang tak diinginkan, menurunkan kadarnya bisa menurunkan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum dua cangkir teh spearmint sehari bisa memperlambat pertumbuhan rambut wajah. 

 

3 dari 6 halaman

2. Minyak lavender dan minyak pohon teh

Minyak atsiri telah digunakan dalam perawatan kulit dan kecantikan selama berabad-abad. Beberapa di antaranya bisa sangat efektif melawan rambut wajah yang tidak diinginkan. 

Menerapkan minyak lavender dan pohon teh secara lokal telah terbukti mengurangi jumlah rambut yang berlebihan.

4 dari 6 halaman

3. Menghilangkan lemak trans

Kue cokelat yang lezat memang bisa meningkatkan mood Anda dan memuaskan rasa manismu. Namun, kemungkinan besar kue tersebut mengandung lemak trans, sama seperti kebanyakan makanan yang dipanggang secara komersil. 

Selain meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung, lemak trans bisa berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan.

5 dari 6 halaman

4. Berolahraga

Tetap aktif menjadi salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesejahteraanmu secara keseluruhan. Coba sekitar 30 menit sehari untuk latihan intensitas sedang yang akan membantumu mengontrol berat badan dan mencegah rambut wajah yang mengganggu. 

Karena kelebihan berat badan berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan, kehilangan hanya 5% dari berat badanmu bisa menyeimbangkan hormonmu dan mengurangi rambut wajah.

Namun, pastikan untuk memilih jenis olahraga yang tidak meningkatkan kadar testosteron, seperti kardio, dan menghindari olahraga berintensitas tinggi, seperti angkat beban.

6 dari 6 halaman

5. Minum air putih yang cukup

Menjadi terhidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kecantikanmu. Minum cukup air bisa meningkatkan metabolismemu, membantu kulitmu awet muda lebih lama dan menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk pencegahan pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan. 

Minum 6 hingga 8 gelas air sehari bisa membantu memperbaiki kondisi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.