Sukses

Risih dengan Rambut Halus di Wajah? Begini 6 Cara Cegah Pertumbuhannya

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki sedikit rambut di wajah adalah hal yang biasa dan normal.

Tetapi dalam beberapa kasus, rambut gelap dan kasar mungkin muncul di wajah Anda, dan Anda mungkin harus mencukurnya hampir setiap hari.

Kondisi ini disebut hirsutisme dan sering kali disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Meskipun waxing dan laser hair removal dapat membantu menghilangkan rambut yang tidak diinginkan, ada beberapa cara alami untuk menguranginya yang mungkin sama efektifnya. 

Dilansir dari Bright Side, Senin (10/1/2022), berikut adalah cara alami mengurangi pertumbuhan rambut halus di wajah:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Minum Teh Spearmint

Teh spearmint berbau dan rasanya enak, dan selain menenangkan saraf Anda, itu dapat mengurangi jumlah hormon pria yang mengalir melalui darah Anda.

Karena hormon pria menjadi penyebab rambut wajah gelap yang tidak diinginkan, dan teh ini dapat menurunkan kadarnya sekaligus menurunkan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum 2 cangkir teh spearmint sehari dapat memperlambat pertumbuhan rambut wajah.

3 dari 8 halaman

2. Menggunakan Minyak Lavender

Minyak lavender telah digunakan dalam perawatan kulit dan kecantikan selama berabad-abad, dan beberapa di antaranya bisa sangat efektif melawan rambut wajah yang tidak diinginkan.

Memakai minyak lavender secara lokal telah terbukti mengurangi jumlah rambut yang berlebihan.

4 dari 8 halaman

3. Kurangi Konsumsi Lemak Trans

Kue cokelat yang lezat dari toko roti terdekat dapat meningkatkan mood Anda, tetapi kemungkinan besar kue tersebut mengandung lemak trans sama seperti kebanyakan makanan yang dipanggang.

Selain meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung, lemak trans dapat berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan. 

5 dari 8 halaman

4. Olahraga

Bergerak aktif adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kebaikan tubuh Anda secara keseluruhan, dan berinvestasi sekitar 30 menit sehari dalam latihan intensitas sedang akan membantu Anda mengontrol berat badan dan mencegah rambut wajah yang mengganggu.

Karena kelebihan berat badan berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan, kehilangan hanya 5% dari berat badan Anda dapat menyeimbangkan hormon Anda dan mengurangi rambut wajah.

Namun pastikan untuk memilih jenis olahraga yang tidak meningkatkan kadar testosteron, seperti kardio dan menghindari olahraga berintensitas tinggi, seperti angkat beban.

6 dari 8 halaman

5. Akupuntur

Akupunktur adalah cara yang bagus untuk bersantai dan menghilangkan stres, dan selain membuat Anda merasa segar, ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat mengurangi kepadatan dan panjang rambut yang tidak diinginkan dan menurunkan kadar hormon pria.

7 dari 8 halaman

6. Minum Air Putih yang Cukup

Menjadi terhidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

Minum cukup air meningkatkan metabolisme Anda, membantu kulit Anda awet muda lebih lama dan menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk pencegahan pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan.

Minum 6 hingga 8 gelas air setiap hari dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut.

8 dari 8 halaman

Infografis Perang Global Melawan Corona