Sukses

Ketahui 9 Tanda Anda Telah Menemukan Pasangan yang Tepat

Cukup sulit untuk menidentifikasi pasangan yang cocok terutama jika Anda belum pernah menjalin hubungan jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara dijalin dengan kerja sama antara dua pihak. Setelah melewati berbagai fase dalam hubungan cinta, Anda mulai memahami lebih dalam tentang siapa pasanganmu dan apakah dia cocok untukmu atau tidak.

Cukup sulit untuk menidentifikasi pasangan yang cocok terutama jika Anda belum pernah menjalin hubungan jangka panjang.

Seberapa besar Anda harus rela berkorban untuk dia? Apakah penting jika tujuan tidak selaras? lalu bagaimana jika terlalu sering berdebat?

Melansir dari Independent, Kamis (16/12/2021), berikut tanda-tanda Anda telah menemukan pasangan yang tepat menurut pakarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Menemukan titik tengah

Kunci untuk setiap hubungan yang sukses adalah kompromi, kata Kate Moyle, psikoterapis hubungan dan pembawa acara podcast The Sexual Wellness Sessions.

"Ini akan selalu menjadi pergumulan antara kebutuhan individu dari mereka yang terlibat, dan kita seharusnya tidak berharap untuk menyelaraskan atau menyetujui segalanya dengan sempurna."

Cara Anda berkompromi dan bernegosiasi dengan pasangan harus menjadi indikator utama seberapa cocok Anda.

Jika Anda merasa mudah untuk menemukan titik tengah ketika Anda berselisih tentang sesuatu, Anda tahu pasangan Anda adalah penjaga.

3 dari 10 halaman

2. Membuatmu merasa nyaman dengan diri sendiri

Orang yang tepat untuk Anda akan memperlakukanmu menjadi diri Anda yang paling percaya diri, kata pelatih kencan James Preece.

“Mereka akan meyakinkan Anda, memberi pujian dan memberi tahu Anda betapa menakjubkannya Anda,” tambahnya.

Lambaikan selamat tinggal kepada pasangan yang membuat Anda terus-menerus mempertanyakan pikiran dan penampilanmu, itu tandanya ada sesuatu yang tidak beres.

Pasangan yang baik ingin Anda bahagia dan tidak meragukan diri sendiri. “Jika Anda mulai mempercayainya juga, maka Anda tidak perlu mempertanyakan apa pun atau meragukan diri Anda sendiri,” tambah Preece.

 
4 dari 10 halaman

3. Menjadi pendengar yang baik

Pasangan yang baik akan mendengarkan dengan penuh perhatian semua yang Anda katakan, terlepas dari betapa membosankannya bagimu.

"Ini mungkin berarti Anda mendengarkan mereka mengoceh tentang kekurangan rekan kerjanya selama sebagian besar malam, tetapi penting bagi mereka untuk merasa didengarkan dan didengarkan," kata Moyle.

“Kemampuan untuk mendengar satu sama lain, dan memberikan ruang kepada orang lain untuk merasa didengar, bahkan jika isi diskusi tidak menarik bagi kita sebagai individu, menunjukkan kepada orang itu bahwa mereka layak atas waktu dan perhatian kita.”

 
5 dari 10 halaman

4. Memiliki nilai inti dan tujuan yang sama

Anda tidak perlu memiliki minat yang sama persis sebagai calon pasangan jangka panjang. Faktanya, terkadang ada baiknya memiliki yang benar-benar berbeda – ini memberi Anda sesuatu untuk dibicarakan.

Tetapi Preece menekankan bahwa jika Anda menginginkan hubungan jangka panjang dengan seseorang, Anda harus memastikan bahwa Anda berdua menuju ke arah yang sama dalam hal tujuan hidup dan nilai-nilai inti Anda.

“Anda adalah tim dan harus berada di halaman yang sama,” katanya. "Ini mengharuskan Anda berdua menyelaraskan apa yang penting bagimu dalam hidup."

Mungkin pandangan Anda tentang anak-anak, di mana Anda ingin tinggal, atau hanya bagaimana Anda memilih untuk menjalani hidup Anda. Apa pun itu, jika itu penting bagi Anda, itu juga penting bagi pasanganmu.

 
6 dari 10 halaman

5. Diskusi yang sehat

Argumen tidak selalu merupakan hal yang buruk dalam suatu hubungan. Faktanya, tergantung pada bagaimana Anda menanganinya, mereka dapat menjadi bagian integral dari umur panjang suatu hubungan, kata Moyle.

“Setiap diskusi tidak harus menjadi argumen,” jelasnya. “Tetapi dengan orang yang tepat, Anda harus dapat mengekspresikan pandangan yang berlawanan atau berbeda tanpa menyebabkan keretakan hubungan.

"Anda harus belajar untuk memvalidasi perspektif satu sama lain, bahkan jika sebagai individu mereka tidak cocok."

Ini menunjukkan Anda merayakan satu sama lain sebagai individu dan merupakan praktik yang baik untuk dapat mendiskusikan tantangan hidup dan situasi yang akan muncul.

 

7 dari 10 halaman

6. Memberikan perhatian penuh kepadamu

Tidak ada yang lebih buruk daripada berada di tengah-tengah perbincangan dengan seseorang, tapi dia malah sibuk dengan ponselnya.

Pasangan yang tepat tidak akan melakukan itu, kata Moyle. “Mereka akan sepenuhnya hadir dalam hidupmu, yang merupakan bagian penting dari hubungan manusia dan menunjukkan nilai hubungan kepada orang itu.

“Sering kali kita terganggu oleh teknologi, layar, dan notifikasi. Tetapi perhatian memainkan peran besar dalam membentuk hubungan yang bermakna.”

 

8 dari 10 halaman

7. Melakukan hal-hal kecil untukmu

Sebuah isyarat tidak perlu megah untuk menjadi romantis. Faktanya, terkadang gerakan kecil dan halus itulah yang paling berarti.

“Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang atau memanjakan pasanganmu agar mereka tahu bahwa Anda memikirkan mereka,” kata Moyle.

“Bisa jadi secangkir teh di tempat tidur di pagi hari, memasak makan malam ketika mereka tahu Anda telah menjalani hari yang panjang, atau pesan singkat yang penuh kasih sayang.”

Bahkan hanya dengan mengulurkan tanganmu bisa menjadi isyarat yang berarti. Jika Anda berkencan dengan seseorang yang melakukan hal-hal ini, biasanya itu pertanda baik bahwa dia sangat menyayangimu.

 

 

 
9 dari 10 halaman

8. Anda tak takut menyampaikan apa yang ada dalam pikiranmu

Ketika Anda bersama orang yang tepat, tidak ada penilaian, kata Preece. Atau setidaknya seharusnya tidak ada.

“Anda harus merasa bebas untuk menjadi diri sendiri dan menunjukkan semua sisi kepribadianmu,” tambahnya.

“Jika ada sesuatu yang ada di pikiranmu, Anda lebih suka mengungkapkannya dengan cepat daripada menyimpannya.

“Hal terbaik adalah ketika ini terjadi dengan seseorang yang baik untukmu, mereka akan dapat mendengarkan dan membantu ketika Anda memiliki masalah.”

10 dari 10 halaman

9. Teman dan keluargamu menyukainya

Jika orang yang Anda cintai bergaul dengan orang terdekatmu, biasanya itu pertanda baik.

“Orang-orang di sekitar Anda akan menjadi penilai karakter yang hebat dan mungkin mengenalmu lebih baik daripada Anda mengenal diri sendiri,” kata Preece.

“Itu normal bagi mereka untuk menjadi protektif dan awalnya curiga terhadap orang yang Anda kencani.

“Jika mereka adalah penggemar terbesar pasangan Anda, maka Anda tahu bahwa Anda telah menemukan pilihan yang bagus.”

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.