Sukses

5 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Dapat Memengaruhi Kepribadian

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari kerapkali seseorang melakukan kebiasaan yang bisa membahayakan bagi tubuh, pikiran, dan tingkat emosional.  Sesuatu yang dilakukan secara berulang dan sudah menjadi kebiasaan membentuk mekanisme dalam tubuh lalu kemudian menganggap hal itu wajar.

Padahal jika dilihat lebih jauh, kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat membahayakan tubuh, pikiran, mengubah gaya hidup, atau bahkan membentuk kepribadian seseorang. Dilansir dari Indiatimes, berikut beberapa kebiasaan berbahaya yang patut dihindari:

1. Penuh dengan Kritik

Anda dikelilingi oleh kritik siang dan malam. Bergaul dengan orang-orang yang secara halus atau terang-terangan mengkritik Anda adalah sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Orang-orang yang memiliki opini negatif tentang semua yang Anda katakan, atau tentang tujuan Anda tidak membantu Anda berkembang. Anda mungkin merasa mereka membantu Anda meningkatkan diri. Padahal kenyataannya, mereka hanya menjatuhkan Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Menggigit Kuku

Menggigit kuku dapat membuat kuku Anda lebih pendek, tidak higieni, dan mengubah bentuk. Ini adalah kebiasaan yang buruk.

Orang cenderung menggigit kuku secara berlebihan saat cemas atau menunggu sesuatu. Kecemasan bisa meningkat karena kebiasaan ini. Selain itu, orang lain bisa merasa kesal ketika mereka melihat Anda menggigit kuku terus-menerus.

 

3 dari 5 halaman

3. Sering Terlambat

Datang terlambat ke tempat kerja, sesi wawancara, atau di mana pun dapat menunjukkan Anda memiliki sesuatu yang direncanakan tidak baik. Dengan terlambat, Anda tidak mempertimbangkan waktu orang lain dan menyulitkan diri sendiri untuk mengejar jadwal yang teratur.

 

4 dari 5 halaman

4. Berkencan dengan Orang yang Salah

Apakah Anda selalu dicampakkan atau putus dengan pasangan segera setelah Anda menjalin hubungan? Kemungkinan Anda mengejar orang yang salah hingga saat ini.

Investasikan hubungan pada orang-orang yang akan mendukung dan membuat Anda merasa berharga. Berkencan lah dengan mereka yang membuat Anda merasa dicintai, bahagia, dan diperhatikan.

 

5 dari 5 halaman

5. Menunda Pekerjaan

Menunda-nunda tidak akan membawa Anda jauh ke depan dalam hidup. Memikirkan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tidak benar-benar melakukannya, dapat menimbulkan kesan buruk tentang Anda di benak orang lain. Selain itu, menunda pekerjaan hingga menit terakhir tidak terlalu menyenangkan dan Anda juga membuang-buang waktu.

 

Penulis: 

Ulwanul Askan

UIN Jakarta