Sukses

5 Alasan Mengapa Minum Kopi Malah Bikin Ngantuk

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu tidak bisa menjalankan aktivitas tanpa kopi di pagi hari. Namun ternyata, secangkir kopi panas bisa membantumu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Kafein adalah stimulan yang seharusnya membuat Anda tetap terjaga, tapi jika Anda merasa minum kopi membuatmu ingin tidur siang. 

Banyak individu menyadari bahwa kopi, meskipun bukan kopi tanpa kafein, malah membuat mereka mengantuk.

Berikut beberapa alasan mengapa kopi bisa membantumu tidur lebih nyenyak, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (27/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Kafein tidak mengganggu tidurmu

Jika Anda seorang pecinta kopi, ada kabar baik. Secangkir kopi yang Anda minum larut malam tidak akan memengaruhi tidurmu. 

Sekelompok peneliti mengatakan bahwa minum kopi dalam waktu empat jam sebelum tidur tidak akan membuatmu tetap terjaga di malam hari.

Mereka memantau 785 sukarelawan selama sekitar satu minggu menggunakan sensor pergelangan tangan dan buku harian tidur. Hasilnya mengejutkan, karena kafein tidak mengganggu tidur mereka. 

 

3 dari 6 halaman

2. Bangun dengan perasaan lebih berenergi

Minum secangkir kopi sebelum tidur siang bisa meningkatkan tingkat energimu. Saat Anda merasa mengantuk, tubuhmu memproduksi adenosin, bahan kimia yang mendorong tidur. 

Kafein mencegah adenosin diterima oleh otakmu. Itu sebabnya minum kopi sebelum tidur siang bisa membantumu bangun dengan perasaan segar dan penuh energi.

4 dari 6 halaman

3. Kopi bisa membuatmu merasa lelah

Pernakah Anda merasa ingin ke kamar mandi setelah minum kopi? Hal ini terjadi karena kafein berfungsi sebagai diuretik. 

Dengan kata lain, Anda akan lebih sering ke kamar mandi. Jadi, ketika tubuhmu kehilangan cairan, maka terjadilah dehidrasi yang pada gilirannya bisa membuatmu merasa lelah dan mengantuk.

5 dari 6 halaman

4. Tubuhmu menerjemahkan stres menjadi kantuk

Pernakah Anda merasa bahwa secangkir kopi bisa membuatmu gelisah? Itu karena minum kopi mengandakan kadar hormon stres dalam tubuhmu, bahkan jika Anda minum dalam jumlah yang sama setiap hari. 

Setelah respons awal terhadap stres berlalu, Anda ingin tidur untuk memproses itu, karena kantuk dan kelelahan adalah cara alami bagi tubuhmu untuk bereaksi terhadap stres.

6 dari 6 halaman

5. Jamur pada kopi bisa menyebabkan kelelahan

Meski kedengarannya menjijikan, saat Anda meminum secangkir kopi, kemungkinan besar Anda memiliki minuman berjamur. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar biji kopi terkontaminasi jamur dan racun di dalamnya bisa membuatmu merasa mengantuk dan lelah.