Sukses

3 Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Minum Sambil Berdiri

Mengapa konsumsi air dalam posisi duduk lebih dianjurkan daripada posisi berdiri?

Liputan6.com, Jakarta - Minum air mineral secara teratur setidaknya delapan gelas per harinya dapat menjaga kesehatan yang ideal. Namun minum air mineral sambil berdiri kerap disepelekan oleh sebagian orang. Kita semua memiliki kebiasaan minum air sambil berdiri karena kita merasa tidak ada yang salah akan hal tersebut.

Nyatanya saat kita minum air sambil berdiri, kita tidak akan mendapatkan nutrisi yang kita butuhkan. Mengutip dari Times of India, Sabtu (03/02/19), penting untuk mengkonsumsi air dengan cara yang benar. Jika kita konsumsi air ketika sedang berdiri tidak akan mendapatkan nutrisi dan mineral yang cukup bagi tubuh kita. 

Saat kita minum segelas air dengan posisi duduk, nutrisi dapat mencapai otak dan meningkatkan aktivitas. Selain itu, posisi duduk ketika sedang menenggak air juga bisa membantu pencernaan lebih baik dan tidak membuat Anda merasa kembung. Berikut ini adalah alasan mengapa konsumsi air sambil duduk lebih baik daripada sambil berdiri, dirangkum dari Times of India.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rasa Haus Tidak Akan Hilang

Ketika Anda minum air saat sedang berdiri, tidak akan menghilangkan rasa haus Anda. Konsumsi air dalam posisi berdiri membuat air langsung mengalir dan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan tidak mencapai hati dan saluran pencernaan. 

Hal tersebut dikarenakan air yang Anda konsumsi mengalir dengan sangat cepat dan dapat berpengaruh pada fungsi paru-paru dan jantung Anda. Bahkan tingkat oksigen juga akan berpengaruh bila Anda mengkonsumsi air dengan posisi berdiri. 

Kemungkinan air juga bisa mengenai sfingter jantung ketika minum dalam posisi berdiri. Ini akan mempengaruhi asam lambung dan menyebabkan kejang otot di daerah perut. Bagi sebagian orang ini bisa menyebabkan rasa sakit. 

3 dari 4 halaman

Dapat Mempengaruhi Postur Tubuh Anda

Konsumsi air dengan posisi berdiri juga bisa membahayakan tulang dan persendian saat air mengalir ke tubuh Anda. Posisi berdiri bisa menyebabkan nyeri sendi atau radang sendi, dan degenerasi tulang. Hal ini bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh. Dengan demikian, sangat penting untuk memperhatikan kecepatan menenggak air dan cara Anda meminumnya.

4 dari 4 halaman

Bisa Mengganggu Proses Filtrasi

Posisi berdiri saat minum air membuat tubuh tidak sinkron dan dapat memicu sistem saraf. Tentunya ini akan berbahaya bagi tubuh Anda. Nutrisi akan terbuang dengan mudah ketika Anda konsumsi air sambil berdiri. Dengan cara ini, tubuh Anda akan mengalami stress atau ketegangan. 

Selain itu konsumsi air dengan posisi berdiri juga bisa mengalir dengan cepat melewati ginjal. Hal ini bisa mengganggu proses filtrasi alami sehingga kotoran yang seharusnya keluar, akan terkumpul di kandung kemih. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.