Sukses

Inovasi Unik, Petani Ini Ciptakan Mangga Berbentuk Seperti Apel dan Rasanya Seperti Pisang

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mencicipi buah dengan tampilan dan rasa yang berbeda dari apa yang Anda kenal selama ini? Pengalaman mencicipi buah seperti itu tentu akan menjadi petualangan rasa yang mengecoh indera.

Seorang petani di Kirugavalu, sebuah desa di distrik Mandya, India Selatan, telah menjadi berita utama lokal karena kejeniusannya. Ia telah berhasil menciptakan dan memiliki lebih dari 119 varietas mangga, yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia.

Seperti dilansir The National News, pertanian Syed Ghani Khan juga memiliki pohon-pohon tua, bahkan ada yang berusia lebih dari 200 tahun.

Selain itu, perkebunan ini juga telah mengirimkan buah-buahan ke istana Mysore Maharajas dalam sejarahnya yang panjang berkat cita rasa uniknya yang lezat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Dilestarikan dari generasi ke generasi

Khan membagikan bahwa kebanyakan varietas di kebunnya telah diturunkan dari generasi ke generasi.

“Sesuai catatan kami, ini telah dilestarikan selama tujuh generasi. Tempat ini disebut bada bagh [kebun besar] dan kami memiliki lebih dari 160 jenis mangga yang saya ingat sewaktu kecil.”

 

3 dari 4 halaman

Varian mangga yang unik

Varian mangga di pertanian Khan sangat unik sehingga memiliki tampilan dan rasa yang tidak biasa. Beberapa dari mereka terlihat seperti apel tetapi rasanya seperti pisang, yang lain seperti jeruk nipis manis.

Beberapa bahkan tidak memiliki rasa manis yang mendefinisikan mangga biasa dan yang lainnya memiliki gigitan yang mirip dengan jinten. Selain itu, mangga di sana juga menentang musim buah tradisional dengan banyak hasil meskipun perubahan iklim dan cuaca berubah-ubah.

 

4 dari 4 halaman

Menjadi bahan penelitian

Khan juga telah memberikan banyak mangga kepada Institut Penelitian Hortikultura India yang melakukan studi tentang mangga tersebut dan mengatakan bahwa mangga itu unik dan tidak tumbuh di tempat lain. Sekitar 60% dari varian telah dilestarikan dan ditanam di institut.

Selain itu, Somesh Basavanna, kepala eksekutif Perusahaan Produsen Organik Sahaja Samrudha India, di mana mangga Khan dijual secara eceran, mengatakan bahwa mangga tersebut sangat diminati sehingga mudah menjadi yang paling dicari di toko mereka.