Sukses

Ketentuan dan Panduan Doa pada Sujud Terakhir dalam Sholat

Terdapat doa sujud terakhir dalam sholat.

Liputan6.com, Jakarta - Sujud merupakan salah satu gerakan dalam sholat yang melambangkan kerendahan manusia di hadapan Allah SWT.

Rasulullah pernah bersabda bahwa sujud menjadi waktu di mana manusia paling dekat dengan Allah SWT. Karena kondisi itulah, maka dianjurkan untuk berdoa ketika sedang melakukan sujud.

Anjuran memperbanyak doa di dalam sujud tercantum dalam hadis seperti, “ Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW., bersabda: Momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa saat itu.” (HR. Muslim, Abu Dawud, An-Nasai)

Namun demikan, melamakan waktu sujud untuk diisi dengan banyak doa dipahami para ulama dilakukan pada saat kita mendirikan sholat secara sendiri atau sholat sunnah yang tidak disyariatkan berjamaah. Mengapa tidak disyariatkan saat berjamaah, karena kondisi makmum yang berbeda-beda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Umum Ketika Sujud

Berikut bacaan gerakan solat ketika sujud yang umum diucapkan oleh kaum muslimin seperti dikutip dari Merdeka, Jumat (24/9/21).

  • Subhaana Robbiyal A’laa (tiga kali). Artinya: Maha Suci Robb-ku yang Maha Tinggi (3 X )
  • Subhaana Robbiyal A’laa Wa Bihamdih (tiga kali). Artinya: Maha Suci Robb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.
  • Subhaanakallahumma Robbanaa Wa Bihamdika, Allahummaghfir Lii. Artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, Wahai Rabb kami, dan dengan memuji-Mu, Ya Allah, berilah ampunan untukku.
3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Sujud Terakhir

Dalam sholat, memperlama sujud terakhir ada doanya. Syekh Abdul Azin bin Baaz menurutkan, terdapat tiga bacaan doa sujud terakhir yang dapat dilafalkan saat sholat.

Di antaranya yakni merupakan doa meminta kematian yang baik, taubatan nasuha serta mempertahankan iman.

  • Allahumma inni as’aluka husnal khotimah. Artinya: "Ya Allah, aku meminta kepada-Mu husnul khotimah."
  • Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut. Artinya: "Ya Allah, berilah aku rezeki tabuat nasuha (sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat."
  • Allahumma yaa muqobillal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika. Artinya: "Ya Allah wahai sang pembolak-balik hati, tetapkanlah hatiku pada agam-Mu."

 

Penulis:

Alicia Salsabila

4 dari 4 halaman

Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.