Sukses

5 Manfaat Tidur Sambil Memeluk Guling Bagi Kesehatan

Tidur sambil memeluk guling ternyata bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Selain bantal, tak sedikit individu yang tidur menggunakan guling. Banyak orang yang bahkan tak bisa tidur tanpa memeluk guling. 

Tidur sambil memeluk guling ternyata bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan saat Anda sedang tidur. Pasalnya, tidur menggunakan guling bisa membuat tidur Anda lebih berkualitas.

Penasaran bagaimana guling bisa memberi Anda lebih dari sekadar kenyamanan dan memiliki banyak manfaat kesehatan? Melansir dari Lifehack Solution, Kamis (16/9/2021), berikut ulasannya.

1. Meredakan Sakit Punggung

Percaya atau tidak, manfaat tidur dengan guling setiap malam bisa meredakan sakit pinggang. Posisi tidur menggunakan guling yang tepat dapat meningkatkan aliran darah di sekitar kaki. Hal ini membuat otot lebih rileks, sehingga terhindar dari rasa sakit dan nyeri.

Posisi tidur yang benar menggunakan guling adalah dengan menggeser guling di antara kedua lutut, lalu tekuk lutut hingga Anda merasa nyaman. Posisi tulang belakang harus dipastikan lurus.

Guling yang terbuat dari bahan yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut seperti serat polyester dapat membantu menopang tubuh Anda dengan sempurna saat tidur.

Begitu juga jika Anda meletakkan guling di belakang tubuh mengikuti arah tulang belakang. Jika Anda disiplin menggunakan guling dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari sakit punggung saat bangun tidur.

Tidur menggunakan guling juga dapat mencegah cedera pada tulang akibat posisi tidur yang tidak nyaman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Jika Anda memiliki postur tubuh yang buruk, terutama sedikit membungkuk, maka tidur dengan guling adalah solusi yang tepat.

Anda hanya perlu memeluk guling saat tidur untuk memperbaiki postur tubuh. Manfaat tidur dengan guling sebenarnya bisa membuat tulang belakang Anda lebih lurus, sehingga Anda bisa berdiri lebih tegak.

3 dari 5 halaman

3. Sirkulasi Darah Lancar

Manfaat tidur dengan guling selanjutnya adalah mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Saat tidur dengan guling, ada bagian tubuh yang terangkat yaitu kaki dan tangan. Dengan mengangkat bagian ini, maka akan membuat sirkulasi dan aliran darah menjadi lancar.

Ketika darah mengalir dengan lancar, banyak manfaat kesehatan yang akan didapatkan bagi tubuh. Anda bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit berbahaya.

4 dari 5 halaman

4. Meredakan Ketegangan Otot

Menggunakan guling secara tidak langsung memberikan terapi peregangan otot saat Anda sedang beristirahat, terutama bagi Anda yang baru saja menyelesaikan aktivitas seharian penuh.

Guling ini juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil dengan cara mengurangi ketegangan otot di seluruh tubuh.

5 dari 5 halaman

5. Singkirkan Kebiasaan Mendengkur

Tahukah Anda bahwa tidur telentang akan membuat Anda lebih sering mendengkur? Hal ini disebabkan karena pangkal lidah menutupi dinding tenggorokan, sehingga akan terdengar suara saat tidur. Salah satu solusi untuk mengatasi dengkuran adalah tidur miring.

Tidak banyak orang yang nyaman dengan posisi tidur miring. Oleh karena itu, mereka membutuhkan bantuan dengan guling. Dengan demikian, kebiasaan mendengkur perlahan akan hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.