Sukses

Letih dengan Rutinitas, Lakukan 5 Cara Ini untuk Healing Secara Alami

Cukup melakukan 5 perubahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari ini akan menghasilkan dampak baik untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, banyak dari kita yang mengalami kepenatan atas rutinitas. Tidak hanya pada fisik, melainkan mental yang kadang juga terganggu dengan hal-hal membosankan ketika dijalankan dalam waktu yang lama.

Jika kita sedang berada pada fase terluka atau sakit, terdapat hal-hal yang dapat dilakukan diri sendiri untuk membuat diri sembuh. Melansir dari PTSpecialized, penelitian sudah menunjukkan bahwa jika melakukan 5 cara ini akan berdampak besar bagi kesehatan Anda.

Dengan melakukan 5 cara ini, maka Anda akan terbantu untuk melakukan rutinitas dalam keseharian. Hal-hal tersebut akan menjadi obat yang praktis dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cukup melakukan perubahan sederhana untuk bisa menyembuhkan diri sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidur

Melakukan istirahat yang cukup dengan tidur memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Walaupun begitu, masih banyak orang-orang yang melakukan istirahat dalam waktu yang singkat. National Institutes of Health pun merekomendasikan waktu tidur pada remaja selama 9-10 jam sehari, sedangkan untuk orang dewasa selama 7-8 jam sehari.

Dengan melakukan waktu tidur yang sesuai tidak hanya membantu sembuh, tetapi juga membuat tubuh berfungsi secara efisien. Kurang tidur juga akan menimbulkan kelelahan fisik dan masalah mental. Terdapat satu studi yang menemukan bahwa orang dewasa berusia 45 tahun atau lebih yang tidur kurang dari 6 jam semalam 200% lebih mungkin menderita serangan jantung atau stroke.

3 dari 6 halaman

2. Lebih Banyak Minum Air

Saat tubuh tidak mendapatkan air yang cukup, maka akan terjadi dehidrasi sehingga menyebabkan penyembuhan/healing menjadi lebih lambat dan meningkatkan kelelahan. Hal tersebut disebabkan karena air berperan penting dalam mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel dalam tubuh, serta memberikan perlindungan pada organ dan jaringan tubuh.

Air juga akan mampu untuk menghilangkan limbah dari dalam tubuh, meningkatkan kekebalan, dan meningkatkan pelumas pada sendi. Walaupun banyak perdebatan tentang jumlah air yang harus diminum, tetapi coba formula sederhana dengan meminum sebanyak berat badan Anda dalam satuan ons.

Jumlah tersebut juga harus ditambah saat melakukan olahraga atau dalam cuaca yang panas untuk waktu yang lama. Selalu sediakan air di dekat Anda atau pasang pengingat untuk meminum cukup air.

4 dari 6 halaman

3. Konsumsi Makanan Padat Gizi

Untuk bisa melakukan proses penyembuhan secara alami diperlukan makan makanan yang padat gizi. Jika diartikan kepadatan gizi ialah kualitas gizi makanan dibagi dengan kepadatan kalori. Konsumsi makanan yang kaya akan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral, dan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Jenis makanan yang kaya akan nutrisi ialah seperti sayur berdaun hijau termasuk kangkung dan bayam. Dan sayuran lainnya yang juga padat gizi yaitu brokoli, kacang polong, bit, bawang, dan paprika. Lakukan setiap harinya dengan selalu menyimpan berbagai macam makan segar di rumah.

5 dari 6 halaman

4. Berpikir dan Menjadi Positif

Hal terpenting dalam proses pemulihan/healing ialah berpikir positif dalam berbagai hal yang terjadi. Bukan hanya dipikirkan atau dibicarakan, tetapi dilakukan dengan selalu mengalihkan dari hal negatif ke aspek yang positif.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan bisa mengubah cara tubuh Anda merespons rasa sakit yang dialami. Beberapa cara untuk bisa menerapakannya ialah dengan memilih kata-kata dengan konotasi yang positif, bertema dengan orang-orang yang positif, dan mencari pengalaman, serta canda tawa positif.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa suasana hati menular dan berpengaruh sehingga mengelilingi diri Anda dengan hal-hal positif akan membantu diri merasa lebih baik. Tidak jarang, satu-satunya hal yang dapat dilakukan ialah mengontrol dan mengubah sikap kita terhadap situasi yang dialami.

6 dari 6 halaman

5. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Dengan melakukan olahraga secara rutin akan berdampak baik pada kesehatan tubuh, tidak hanya fisik melainkan mental juga. Berolahraga akan memberikan kontribusi yang baik dalam kemampuan tidur yang dimiliki.

Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dengan merangsang berbagai bahan kimia di otak yang membantu Anda merasa lebih santai dan lebih bahagia. Namun, lakukanlah dengan perlahan untuk memulai olahraga yang tepat untuk tubuh Anda.

 

Dalam memulai melakukan ke lima di atas memang bukanlah hal yang mudah, tetapi terapkan secara perlahan dan sederhana untuk menghasilkan dampak yang besar. Dengan melakukan tidur yang cukup, konsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, bersikap positif, dan tetap terhidrasi bisa memulihkan diri lebih cepat, bahkan mampu menghindarkan diri dari berbagai penyakit.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.