Sukses

4 Kebiasaan Pagi yang Dianggap Sehat Ini Ternyata Bikin Stres

Liputan6.com, Jakarta -S Pagi hari seringkali menjadi awal untuk menentukan aktivitas seseorang selama seharian penuh. Mulai dari menentukan makanan yang akan dikonsumsi hingga beberapa kegiatan yang bisa mendukung agar lebih produktif.

Sejumlah kegiatan bahkan perlu dilakukan saat pagi hari karena dianggap dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik, seperti berolahraga atau menulis jurnal.

Meski begitu, ternyata ada beberapa kebiasaan saat pagi hari yang kerap dianggap sehat justru bisa membuat stres. Apalagi jika sampai memaksa diri untuk melakukannya.

Melansir dari Huffington Post, Minggu (6/6/2021), berikut beberapa kebiasaan saat pagi yang seringkali dianggap menyehatkan namun ternyata menyebabkan stres.

2 dari 6 halaman

1. Sarapan Perlahan-lahan

Sarapan dengan pelan dianggap dapat membuat seseorang santai dan lebih fokus. Kenyataannya, hal ini tak bisa diterapkan oleh semua orang.

Jika Anda termasuk individu yang memiliki segudang aktivitas, makan secara perlahan justru bisa membuat pekerjaan lainnya terbengkalai sehingga rentan mengalami stres.

3 dari 6 halaman

2. Menulis Jurnal

Tak sedikit ahli yang menyarankan untuk menulis jurnal saat pagi hari sebelum memulai berbagai aktivitas selama seharian. Namun, hal tersebut justru bisa membuat Anda stres karena harus melakukan aktivitas sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

Sebaiknya, Anda tak melakukannya dengan harapan tinggi agar tidak kecewa jika tak sesuai dengan rencana.

4 dari 6 halaman

3. Bangun Terburu-buru

Ketika bangun di pagi hari, Anda tak perlu tergesa-gesa hingga membatasi aktivitasmu di atas kasur. Bermalas-malasan di atas kasur saat pagi hari selama beberapa menit justru dapat meningkatkan energi dan membuat Anda bersemangat.

Tanyakan pada diri Anda apakah melihat ponsel di tempat tidur dapat meningkatkan semangat dan berenergi atau justru menyebabkan stres.

5 dari 6 halaman

4. Menunda Alarm

Menyalakan alarm untuk membantu bangun pagi tentu hal biasa yang dilakukan. Meski begitu, menunda atau mengabaikan setiap alarm yang berbunyi justru bisa menyebabkan stres saat bangun setelahnya.

Hal tersebut juga dapat mengganggu kualitas tidurmu dan merasa uring-uringan atau bersalah karena merasa terlambat bangun sejak awal.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: