Sukses

Jangan Tiru Qarun, Begini Hukuman Bagi Orang Pelit dalam Alquran

Liputan6.com, Jakarta Sifat yang dibenci bumi sekaligus langit adalah sifat kikir, bakhil alias pelit. Mengumpulkan harta, tanpa mau berbagi. Kitab suci Alquran bahkan menyinggung soal sifat buruk tersebut.

Ikon pelit dalam sejarah umat manusia adalah Qarun, si sombong yang mati bersama harta yang ia kumpulkan. Allah SWT menjelaskan kisah tersebut dalam surah Al Qasas ayat 78.

قَالَ إِنَّمَآ أُوتِيتُهُ ۥ عَلَىٰ عِلۡمٍ عِندِىٓۚ أَوَلَمۡ يَعۡلَمۡ أَنَّ ٱللَّهَ قَدۡ أَهۡلَكَ مِن قَبۡلِهِۦ مِنَ ٱلۡقُرُونِ مَنۡ هُوَ أَشَدُّ مِنۡهُ قُوَّةً۬ وَأَڪۡثَرُ جَمۡعً۬اۚ

“Qarun berkata: 'Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku'. Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta?” (QS Al-Qasas: 78)

Sifat kikir ini memang harus dihindari. Bahkan, Rasulullah SAW telah bersabda bahwa orang yang pelit itu pertanda bahwa kepercayaannya terhadap Allah itu hanya sedikit.

وَلاَ يَجْتَمِعُ الشُّحُّ وَالإِيمَانُ فِي قَلْبِ عَبْدٍ أَبَدًا

“Tidak akan berkumpul sifat kikir dan keimanan dalam hati seorang hamba selama-lamanya.” (HR. An-Nasa’i)

Maha benar Allah dengan Alquran. Dengan iman yang benar terhadap pembalasan hari akhir dan pedihnya siksa neraka. Orang kikir mungkin mengira, harta yang dikumpulkan akan dibawa mati. 

 

2 dari 3 halaman

Hukuman Bagi Orang Pelit

Allah SWT menjelaskan bagaimana kelak di akhirat, orang-orang yang gemar mengumpulkan harta tanpa ingat berbagi, maka harta-harta itu akan dikalungkan di hari pembalasan kelak.

وَلَا يَحۡسَبَنَّ ٱلَّذِينَ يَبۡخَلُونَ بِمَآ ءَاتَٮٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦ هُوَ خَيۡرً۬ا لَّهُمۖ بَلۡ هُوَ شَرٌّ۬ لَّهُمۡۖ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُواْ بِهِۦ يَوۡمَ ٱلۡقِيَـٰمَةِۗ

“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat.” (QS Ali Imran : 180)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini