Sukses

Meski Pahit, Pare Ternyata Memiliki 5 Manfaat Bagi Kesehatan

Ternyata dibalik rasanya yang pahit, pare memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Pare menjadi sayuran yang tidak disukai sebagian besar individu karena rasanya yang pahit. Biasanya pare banyak diolah menjadi berbagai masakan tradisional.

Meski rasanya pahit, namun nyatanya pare memiliki manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Sayuran hijau ini dikemas dengan nutrisi dan sifat antioksidan yang baik untuk tubuh Anda.

Sebagian besar kalori yang terkandung dalam pare berasal dari karbohidrat. Maka dari itu, kandungan kalori di dalam pare ini rendah karena karbohidratnya pun sangat rendah. Kandungan lainnya dalam pare yakni vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, seng, tembaga, zat besi, dan magnesium. 

Nah, penasaran apa saja manfaat pare untuk kesehatan tubuh Anda? Berikut ulasannya seperti melansir dari Verywellfit, Rabu (3/3/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Konsumsi Pare

Berikut beberapa manfaat pare bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi Obesitas

Pare menunjukkan kemampuannya untuk mengurangi lemak visceral atau lemak perut. Suplementasi pare telah terbukti dapat mengurangi proliferasi sel lemak dengan menurunkan gen yang bertanggung jawab untuk pembentukan sel adiposan baru. Penurunan lingkar pinggang juga sudah terbukti dapat teratasi dengan mengonsumsi pare.

2.  Meningkatkan Imunitas

Di dalam pare terdapat kandungan protein yang disebut Momordica anti-human immunovirus protein (MAP30). Kandungan tersebut terbukti bisa meningkatkan fungsi sistem kekeebalan tubuh.

Cara kerjanya dengan menghambat infeksi HIV pada limfosit T, meningkatkan jumlah sel pembunuh alamni dan sel pembantu T dan meningkatkan produksi sel B immunoglobulin.

3 dari 4 halaman

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kemampuan ekstrak pare dapat mengurangi kadar kolesterol dengan mendukung eksresi kolesterol melalui asam empedu. Untuk terus memingkatkan kesehatan jantung, Anda harus meningkatkan makan sayuran dan buah yang dapat menyediakan serat, kalim, dan vitamin antioksidan.

4. Mencegah Kerusakan Sel

Pare mengandung beberapa senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Terdapat beberapa penelitian yang juga menemukan bahwa daun dan buah pare ini merupakan senyawan fenolik yang bermanfaat untuk mengurangi oksidan berbahaya.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam pare yakni vitamin A yang dapat membantu mencegah kondisi mata yang terkait dengan usia atau degenerasi makula.

Lutein dan zeaxanthin pun memberikan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif. Vitamin E dan C-nya juga dapat mencegah degenerasi makula pada mata.

4 dari 4 halaman

Tips Memasak Pare

Untuk memasak pare, pertama-tama kupas kulit luarnya terlebih dahulu. Kemudian, jika Anda tidak ingin merasakannya pahitnya, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu dalam air garam selama 30-45 menit sebelum dimasak.

Pare dapat diolah dengan direbus, dikukus, atau dapat juga ditumis dengan bumbu-bumbu. Selain itu, Anda juga bisa mengisi pare dengan sosis, cabe, atau bahan masakan lainnya sesuai dengan kesukaan Anda.

Perlu diketahui juga, beberapa pakar kesehatan menyarankan agar wanita hamil menghindari pare karena dapat menyebabkan kontraksi dini atau bahkan keguguran. Pare juga tidak disarankan untuk para pengidap diabetes saat sedang mengonsumsi obat karena dapat menurunkan glukosan dan insulin, atau lainnya.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.