Sukses

Meski Pahit, Ini 4 Manfaat Konsumsi Pare yang Bisa Anda Dapatkan

Liputan6.com, Jakarta - Pare merupakan salah satu tumbuhan yang mudah ditemukan di negara tropis, seperti Indonesia. Meskipun kerap dianggap sebagai sayur, Pare termasuk ke dalam golongan buah-buahan karena memiliki biji di dalamnya. Umumnya, pare sering ditumis untuk dijadikan sayuran atau digoreng sebagai lauk.

Pare juga memiliki reputasi negatif bagi sebagian orang karena rasanya yang pahit. Padahal, pare telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama karena memiliki segudang manfaat.

Pare mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan seng.

Karena itulah pare menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat mengonsumsi pare? Simak ulasannya berikut ini dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

1. Menjaga Pencernaan

Pare dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Meskipun rendah kalori, pare kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral.

Serat makanan membantu pencernaan yang baik dengan gerakan peristaltik yang mendorong makanan sepanjang saluran pencernaan. Pare juga bermanfaat untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit.

 

 

3 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Imunitas

Pare kaya akan kandungan vitamin C yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pare juga dapat mengaktifkan sel pembunuh alami dalam tubuh Anda yang dapat melawan berbagai penyakit.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam pare juga mampu menangkal radikal bebas sehingga baik untuk mengurangi risiko kanker kulit dan kerusakan sel.

 

 

4 dari 5 halaman

3. Mencegah Gangguan Penglihatan

Seiring bertambahnya usia, tak sedikit orang yang terkena gangguan penglihatan termasuk degenerasi makula terkait usia dan katarak. Pare mengandung senyawa beta-karoten dan vitamin A yang sehat untuk mata dan bisa memperkuat penglihatan. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir dan jaringan lunak lainnya agar tetap sehat.

 

 

5 dari 5 halaman

4. Membantu Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Vitamin yang terkandung di dalam pare dapat membantu pemulihan kulit dari berbagai penyakit, seperti eksim dan psoriasis. Selain itu, pare juga mampu memurnikan darah dan menjadikan kulit bebas toksin. Inilah yang membantu agar kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.