Sukses

4 Tanda Orang Lain Iri dengan Hidup Anda

Tanda-tanda ini dapat menunjukkan orang di dekat Anda cemburu dengan pencapaian Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa disadari, semua orang pernah merasa iri dan cemburu dengan kehidupan seseorang. Orang yang seperti itu merasa tidak senang melihat pencapaiannya. Kecemburuan yang tidak disadari itu dapat meningkat menjadi perilaku yang buruk.

Perilaku itu dapat mengubah seseorang secara drastis, yang mungkin sangat berbeda jauh dari apa yang Anda kenal. Tetapi hal itu akan terjadi jika rasa cemburu itu diperlihatkan dengan jelas.

Kebanyakan orang selalu menyembunyikan perasaan cemburunya pada hati yang paling dalam. Sulit bagi orang lain untuk mengetahui apakah mereka cemburu atau tidak.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah teman Anda menyimpan perasaan cemburu pada pencapaian kita atau tidak. Simak rangkumannya di bawah ini, seperti dikutip dari Bright Side.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Memuji dengan Penghinaan

JIka orang lain iri dengan Anda, ia akan melakukan apa pun untuk bersikap mendukung dan selalu memberikan pujian. Tapi, pujian itu harus benar-benar dipahami karena apa yang mereka katakan mungkin salah.

Perhatikan juga ekspresi pasif dan agresif mereka. Contohnya, ketika mendapatkan pekerjaan baru, mereka akan memuji dengan sedikit menghina secara halus.

"Wah luar biasa, tetapi tidak biasa bagi mereka untuk mempekerjakan orang dengan pengalaman yang kurang, tapi selamat." Mungkin Anda berpikir bahwa ucapan itu hanya sebuah candaan. Tapi di balik pujiannya, ada hati yang sedang cemburu.

 

3 dari 5 halaman

2. Menertawakan Kesalahan

Meskipun kesalahan itu sudah dilakukan sejak lama, atau Anda baru saja menghadapi kerugian. Teman Anda akan menjadi orang pertama yang mengingatkan hal itu. 

Di hati terdalamnya mungkin mereka merasa senang dan puas saat Anda mengalami kegagalan. Tapi mereka tidak menunjukkannya secara jelas. Jika Anda merasa memiliki teman seperti itu, yang selalu senang melihat orang lain gagal, ia tidak layak untuk dipertahankan sebagai teman.

4 dari 5 halaman

3. Bergosip

Terkadang, mereka tidak menyadari merasa cemburu dengan hidup orang lain. Tanda itu kemungkinan besar akan dimulai dengan perasaan tidak suka. Terutama jika orang lain mencapai sesuatu yang diinginkan.

Anda mungkin mendengar dari orang lain bahwa teman Anda menyebarkan informasi negatif tentang Anda. Mereka yang memiliki rasa cemburu senang merendahkan Anda di depan orang lain. Sehingga mereka terlihat lebih baik daripada Anda.

 

5 dari 5 halaman

4. Mulai Menjauh

Mereka selalu membuat alasan untuk menjauh dari Anda. Ini harus diperhatikan apakah teman Anda mencoba menarik diri dari Anda atau tidak. Salah satu alasannya kemungkinan mereka tidak suka melihat pencapaian Anda.

Mereka selalu punya alasan untuk tidak bertemu dengan Anda. Selain itu, mereka selalu bisa meluangkan waktunya bersama orang lain dengan sepengetahuan Anda.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.