Sukses

5 Cara Manfaatkan Air Lemon untuk Percepat Pertumbuhan Rambut

Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan lemon untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambutmu?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut tebal dan indah tentu didambakan setiap individu, khususnya para kaum hawa. Tak heran berbagai cara dilakukan, mulai dengan memakai produk rambut hingga perawatan ke salon yang mengeluarkan uang tak sedikit.

Namun, kini kamu tak perlu menguras kantong untuk perawatan rambutmu. Perawatan rumahan dengan menggunakan bahan alami seperti lemon menjadi solusinya.

Lemon memang telah banyak digunakan untuk perawatan wajah. Namun, lemon juga bisa membantumu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Buah dengan aroma khasnya ini dikemas dengan sifat antibakteri yang kuat yang bisa mencegah bakteri penyebab ketombe dan membersihkan kulit kepala. Dengan kulit kepala yang ternutrisi, folikel rambutmu lebih mudah menyerap semua nutrisi yang dibutuhkan. Ini sangat membantu dalam pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan lemon untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambutmu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (24/9/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lemon

Lemon sangat cocok bagi pemilik kulit kepala yang sangat berminyak. Menggunakan lemon sebagai sampo, bisa membantu menghilangkan kotoran yang tersisa dari kulit kepala dan meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm perasan lemon dan 2 gelas air. Pertama-tama yang harus kamu lakukan cuci rambutmu menggunakan sampo dan peras kelebihan airnya. Encerkan perasan lemon dengan menambahkannya ke dalam dua gelas air.

Lalu gunakan air lemon ini untuk membilas kulit kepala dan rambutmu. Biarkan hingga rambutmu mengering. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini sekali seminggu.

3 dari 6 halaman

2. Lemon dan Air Kelapa

Air kelapa memiliki sifat antioksidan yang mencegah kerusakan oksidatif pada kulit kepala dan menstimulasi folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Yang kamu butuhkan 1 sdm perasan lemon, 1 sdm air kelapa dan kapas. Lalu campur perasan lemon dan air kelapa dalam mangkuk. Oleskan cairan tersebut ke kulit kepalamu menggunakan kapas dan pijat kulit kepalamu dengan gerakan memutar selama 3-5 menit.

Biarkan selama 20 menit lagi. Setelah itu cuci rambutmu dengan sampo dan biarkan mengering. Ulangi perawatan ini sekali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

4 dari 6 halaman

3. Lemon dan Aloe Vera

Lidah buaya dan lemon memiliki sifat antibakteri yang membersihkan kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya juga dikenal sebagai agen pelembut yang menutrisi secara mendalam folikel rambut untuk memulihkan kerusakan rambut.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm perasan lemon. Lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga rata dan oleskan ke rambutmu. Biarkan selama 30 menit.

Setelah itu, cuci rambutmu dengan sampo dan gunakan kondisioner. Ulangi perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

5 dari 6 halaman

4. Lemon, Madu dan Minyak Zaitun

Madu diklaim bisa menjaga kulit kepala dan rambut tetap terhidrasi dan bergizi. Selain itu, sifat antibakteri dari madu menjaga kulit kepalamu bersih dari ketombe dan masalah lain yang mendorong pertumbuhan rambut.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm perasan lemon, 2 sdm madu dan 2 sdt minyak zaitun. Lalu campur semua bahan hingga rata dan oleskan campuran itu ke kulit kepala dan rambutmu.

Biarkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci bersih menggunakan sampo dan kondisioner. Ulangi perawatan ini sekali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

6 dari 6 halaman

5. Lemon, Putih Telur dan Madu

Putih telur adalah sumber protein yang bagus untuk rambut dan membantu menghidupkan kembali rambutmu dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Sementara madu menjaga kulit kepalamu tetap terhidrasi dan bergizi.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm perasan lemon, 1 butir putih telur dan 1 sdm madu. Lalu campur perasan lemon dan putih telur dalam mangkuk. Tambahkan madu ke dalamnya dan aduk semuanya dengan baik.

Oleskan campuran itu pada kulit kepala dan rambutmu. Biarkan selama satu jam sebelum mencuci rambut dengan sampo. Untuk hasil maksimal, ulangi perawatan ini 2 kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.