Sukses

Wajib Coba, 4 Bahan Alami Ini Ampuh untuk Atasi Mata Lelah

Penasaran bahan alami apa saja yang bisa membuat matamu menjadi rileks? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di depan komputer, menonton TV atau bermain smartphone berlebihan bisa membuat mata menjadi lelah. Untuk itu, kamu perlu merelaksasikan mata dengan perawatan ekstra.

Hanya beberapa menit memanjakan mata akan memberikan keajaiban bagi matamu yang lelah. Kamu juga tak perlu mengeluarkan banyak uang, karena beberapa bahan alami bisa mengatasi mata yang lelah.

Penasaran bahan alami apa saja yang bisa membuat matamu menjadi rileks? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (23/9/2020).

1. Mentimun

Mentimun adalah salah satu cara yang banyak digunakan untuk merelaksasi mata yang lelah. Ini memiliki sifat menenangkan dan melembabkan secara instan kamu rasakan.

Yang kamu butuhkan, siapkan setengah mentimun. Lalu kupas dan parut mentimu, taruh dalam mangkuk. Selanjutnya, simpan mentimun parut di lemari es selama sekitar 30 menit. Keluarkan mentimun dan oleskan secukupnya di sekitar matamu.

Setelah itu, tutup matamu dan rileks selama 20-25 menit. Seka ampasnya dan cuci mata dengan air dingin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat ampuh untuk melembabkan dan mengurangi lingkaran hitam, kekeringan dan bengkak di sekitar matamu.

Yang kamu butuhkan hanya beberapa tetes minyak kelapa. Lalu oleskan minyak kelapa di bawah mata, sambil pijat secara perlahan menggunakan ujung jari.

Setelah itu, biarkan semalaman. Di pagi hari, seka matamu dan gunakan pembersih wajah untuk membersihkan wajahmu dari sisa minyak kelapa.

3 dari 4 halaman

3. Air Mawar

Berkat sifat astringen dan anti-inflamasi, air mawar bisa menenangkan mata dan menghilangkan lingkaran hitam dan kantung mata.

Yang kamu butuhkan, air mawar secukupnya dan kapas. Lalu rendam kapas dalam air mawar. Selanjutnya, tutup matamu dan letakkan kapas yang telah dibasahi di matamu. Tunggu selama 15 menit sebelum melepasnya.

4 dari 4 halaman

4. Kentang

Sifat astringen dan enzim tertentu yang ada dalam kentang menjadikannya obat yang efektif untuk menenangkan mata yang lelah. Selain itu, juga membantu mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di bawah matamu.

Kamu hanya perlu menyiapkan 1/2 kentang. Kupas dan parut kentang, masukkan dalam mangkuk. Lalu masukkan mangkuk berisi kentang itu di lemari es sekitar 30 menit. Keluarkan dan sebarkan kentang parut secara merata di sekitar mata.

Setelah itu, tunggu 20-25 menit lagi sebelum menyekanya. Lalu bersihkan wajah dengan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.