Sukses

8 Keajaiban dalam Tubuh Manusia yang Wajib Kalian Tahu

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia menyimpan banyak keajaiban. Ya, mungkin banyak yang tak menyadari bahwa ada begitu banyak keajaiban di dalam tubuh manusia. Hal ini bahkan bisa membuat siapa saja terkagum-kagum. Pasalnya tak ada yang lebih menakjubkan selain tubuh manusia di antara seluruh mahluk hidup di dunia.

Berterimakasihlah pada ilmu pengetahuan, pasalnya dengan ilmu pengetahuan Anda akan mengetahui betapa hebat sistem kerja tubuh Anda.

Dikutip dari allprodad.com, berikut deretan fakta menakjubkan dari tubuh manusia yang patut kalian ketahui.

1. Terdiri dari 100 triliun sel

Tubuh Anda terdiri dari sekitar 100 triliun sel. Mereka semua berasal dari pembelahan satu sel tunggal. Setiap menit, 300 juta sel mati, tetapi itu hanyalah sebagian kecil dari total sel yang kita miliki. Tubuh memproduksi 300 miliar sel baru setiap hari dan tubuh akan terus-menerus memperbaiki dan membangun sel-sel yang rusak kembali.

2 dari 9 halaman

2. Otak manusia sama dengan komputer super yang menakjubkan

Otak terdiri dari 80 persen air. Otak dapat menyimpan informasi lima kali lebih banyak daripada Encyclopedia Britannica. Impuls saraf di otak pun bergerak dengan kecepatan 170 mil per jam.

3 dari 9 halaman

3. Rambut tumbuh setiap hari

Setiap hari, rata-rata orang kehilangan 60 hingga 100 helai rambut. Tapi karena rata-rata orang memiliki 125.000 helai rambut baru setiap hari membuatnya tidak menyadari hal tersebut.

4 dari 9 halaman

4. Jantung memompa darah setiap detik

Jantung manusia menciptakan tekanan yang cukup untuk menyemprotkan darah sejauh 30 kaki. Tekanan seperti itu dibutuhkan untuk memompa darah melalui 60.000 mil pembuluh darah dan kapiler. Jantung memompa 6 liter darah dan bersirkulasi tiga kali setiap menit. Dalam satu hari, darah Anda menempuh total 12.000 mil.

5 dari 9 halaman

5. Saraf-saraf pada kulit

Setiap inci persegi kulit Anda mencakup empat meter serat saraf, 600 sensor nyeri, 1.300 sel saraf, 9.000 ujung saraf, 36 sensor panas, 75 sensor tekanan, 100 kelenjar keringat, 3 juta sel, dan 3 meter pembuluh darah.

6 dari 9 halaman

6. Mata dapat bedakan banyak warna

Mata kita dapat membedakan hingga satu juta permukaan warna dan menerima lebih banyak informasi daripada teleskop terbesar yang ada. Orang berkedip sekali setiap empat detik. Itu karena bulu mata berfungsi untuk mencegah debu dan kotoran yang masuk ke mata.

7 dari 9 halaman

7. Bagian jantung yang rusak dapat “tumbuh” kembali

Hati Anda bekerja keras pada lebih dari 400 fungsi, termasuk detoksifikasi, sintesis protein, dan produksi biokimia yang diperlukan untuk pencernaan. Namun, dua pertiga dari hati Anda dapat diangkat dari trauma atau operasi, dan itu akan tumbuh kembali ke ukuran aslinya dalam empat minggu.

8 dari 9 halaman

8. Sidik jari setiap orang berbeda

Hanya tiga bulan setelah kehamilan, seorang anak yang belum lahir sudah memiliki sidik jarinya. Hanya pada 6 hingga 13 minggu perkembangan, lingkaran yang khas telah berkembang. Menariknya, sidik jari tersebut tidak akan pernah berubah sepanjang hidup seseorang. Sidik jari Anda adalah satu-satunya hal yang paling akurat untuk mengidentifikasi diri kalian .

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: