Sukses

5 Manfaat Jalan dengan Bertelanjang Kaki di Luar Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar individu tentu akan menggunakan alas kaki ketika pergi keluar rumah. Sebaliknya, orang akan melepas alas kaki ketika berada di dalam rumah.

Namun tahukah Anda, bahwa jalan sambil bertelanjang kaki di luar rumah bisa menyehatkan. Sebuah artikel yang diterbitkan di Science Direct, menjelaskan manfaat jalan sambil bertelanjang kaki. Hal ini mendorong kita untuk membuat saling ‘berkoneksi’ dengan tanah melalui kaki kita sehingga organ tubuh kita menyerap energi magnetnya.

Ini bukan berarti Anda harus bertelanjang kaki setiap saat ketika keluar rumah. Anda hanya perlu beberapa menit saja untuk berjalan-jalan santai di sekitar rumah sambil bertelanjang kaki.

Melansir dari Brightside, Selasa (15/9/2020), berikut deretan manfaat yang akan Anda dapat jika rutin jalan dengan bertelanjang kaki atau “nyeker” di luar rumah.

2 dari 7 halaman

1. Dapat menyembuhkan emosi negatif

Berjalan bebas tanpa sepatu mengurangi stres dan juga memberi dorongan pada beberapa sistem tubuh kita seperti pernapasan, oksigenasi darah, serta denyut nadi.

3 dari 7 halaman

2. Baik untuk kulit

Sangat penting untuk membiarkan kaki Anda bernapas secara alami dan bebas dari alas kaki. Ini juga akan mencegah kelembapan dan, dalam kasus terburuk, mencegah timbulnya bau tak sedap serta jamur.

Terlebih lagi jika Anda berjalan di atas tanah atau pasir, akan berfungsi sebagai eksfoliator dan akan membantu Anda menyingkirkan kotoran atau kulit mati dengan lebih mudah.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan energi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak ujung saraf yang tak terhitung jumlahnya di kaki kita. Itu penting dalam beberapa jenis pengobatan alternatif, seperti akupunktur dan refleksiologi. Saat Anda menyentuh tanah secara langsung dengan kaki Anda, akan menghasilkan peningkatan energi secara otomatis.

5 dari 7 halaman

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Bertelanjang kaki membantu kita untuk lebih tahan terhadap masuk angin. Ini karena tanah yang dingin membuat tubuh mengimbangi produksi panas ekstra. Hal ini lah yang mampu memperkuat sistem kekebalan.

6 dari 7 halaman

5. Memperlancar sirkulasi darah

Terakhir, jalan sambil bertelanjang kaki dapat mengaktifkan sirkulasi darah di dalam arteri dan vena di kaki Anda. Untuk sirkulasi yang lebih baik, Anda bisa berjalan di air dingin, rumput basah, sungai, atau laut. Ini akan membantu mengurangi peradangan di kaki Anda.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: