Sukses

4 Manfaat Hobi Berkebun di Masa Pandemi bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat banyak orang memiliki waktu luang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Pasalnya, pandemi membuat kita menghabiskan banyak waktu di rumah saja.

Tak sedikit yang lantas menghabiskan waktu luang dengan berkebun. Selain mempercantik halaman rumah, rupanya berkebun di tengah pandemi seperti saat ini memiliki banyak manfaat loh. Bagi kalian yang penasaran, berikut deretan manfaat yang bisa kalian dapat jika rajin berkebun.

Meredakan Stres

Berkebun bisa jadi pereda stres alami terlebih di masa pandemi saat ini. Hal tersebut lantaran beberapa alasan seperti mendapatkan udara segar, paparan sinar matahari, bersantai, dan bahkan kontak langsung dengan tanah yang membantu melepaskan serotonin di otak.

2 dari 5 halaman

Menurunkan berat badan

Tak banyak yang menyadari bahwa dengan berkebun, tubuh akan lebih banyak bergerak sehingga dapat membakar kalori tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health, berkebun dapat menurunkan berat badan hingga 5 sampai 7 kilogram. 

3 dari 5 halaman

Meningkatkan daya tahan tubuh

Tahukah kalian bahwa bakteri yang terdapat di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan begitu Anda tidak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan lebih mudah. Hal ini rupanya dinyatakan oleh sebuah penelitian dalam jurnal ilmiah. Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen juga menemukan bahwa berkebun dapat mencegah terjadinya alergi.

4 dari 5 halaman

Menikmati waktu di luar ruangan

Saat ini kita cenderung menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, yang bisa memberikan dampak negatif pada perilaku dan kesehatan terlebih bagi anak-anak. Berkebun membuat Anda dan keluarga berada di luar ruangan sambil menikmati alam.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: