Sukses

Konsumsi 6 Macam Buah Ini Bantu Kamu Dapatkan Kulit Sehat dan Bercahaya

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat disangkal, mengonsumsi buah-buahan tidak hanya memberikan nutrisi yang sehat tetapi juga memberikan manfaat agar kulit tampak bercahaya dan sehat. 

Makan buah-buahan juga membantu mengurangi peradangan dan pencegahan berbagai jenis infeksi. Buah-buahan dengan vitamin dan mineral yang membantu dalam mensintesis kolagen dan membantu menutrisi kulit dan anti-oksidan.

Buah apa saja yang harus Anda konsumsi dan apa cara terbaik untuk memasukkan buah ke dalam makanan Anda? Melansir dari parenting.firstcry, berikut ulasannya.

2 dari 8 halaman

1. Mangga

Mangga yang enak, berair, dan segar adalah makanan yang menakjubkan untuk kulit Anda. Karena mangga mengandung vitamin A, C, E dan K. Mangga juga mengandung beta-karoten, flavonoid, polifenol, dan xantofil. Menjadi sumber yang kaya serat dan gula makanan, buah ini bermanfaat untuk mencegah masalah perut seperti sembelit.

Buah ini juga memiliki khasiat anti inflamasi dan juga melindungi kulit dari segala jenis kerusakan DNA. Sifat penyembuhan mangga menjadikannya bahan yang ideal. Berikut beberapa cara menggunakan mangga untuk mendapatkan kulit yang cerah:

  1. Ambil beberapa daging mangga lalu oleskan secara bebas ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama sepuluh menit dan bilas dengan air hangat
  2. Makan mangga dalam bentuk shake, dicampur dengan sereal sarapan atau bisa juga dijadikan sebagai camilan
  3. Jika Anda memiliki kulit kering, campur mangga tumbuk, yoghurt, dan madu. Oleskan di wajah dan tunggu selama 10 sampai 15 menit. Bilas dan keringkan
  4. Bagi kulit berminyak atau kombinasi, campurkan beberapa jus lemon dan air mawar dalam daging mangga dan oleskan pada wajah.
3 dari 8 halaman

2. Semangka

Semangka memang berkhasiat bagi kulit, terutama bagi wanita yang memiliki kulit berjerawat atau sensitif. Semangka menjadi salah satu hal yang tidak boleh untuk dilewatkan. Semangka mengandung hampir 92 persen air di dalamnya, membuatnya ideal untuk membuang racun berbahaya dari kulit dan juga menjaga sistem pencernaan tetap berjalan.

Buah ini kaya akan vitamin A, B1, B6 dan C. Buah ini juga mengandung likopen, flavonoid dan karotenoid dalam jumlah yang cukup banyak. Kehadiran likopen bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit dengan cara menghilangkan radikal bebas.

Berikut adalah beberapa cara efektif menggunakan semangka untuk mendapatkan manfaat kulit yang maksimal:

  1. Minum jus semangka setiap hari
  2. Alternatifnya, makan buah semangka sebagai camilan pagi hari
  3. Anda juga dapat menambahkan semangka ke dalam smoothie, makanan penutup, atau puding
  4. Anda juga dapat mengoleskan bubur semangka pada kulit setidaknya selama beberapa menit
4 dari 8 halaman

3. Jeruk

Buah ini tidak hanya berwarna cerah, tetapi rasanya yang tajam dan berair disukai oleh sebagian besar dari kita. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang berkhasiat bagi kulit.

Jeruk mengandung antioksidan dengan demikian membantu mengurangi peradangan, mensintesis kolagen serta mencegah kerusakan pada DNA. Berikut adalah beberapa cara efektif menggunakan jeruk untuk mendapatkan manfaat kulit yang maksimal:

  1. Anda boleh mengonsumsi setengah atau satu jeruk sehari
  2. Anda bisa meminum jus jeruk segar
  3. Anda dapat menambahkan jeruk di salad, puding, atau makanan penutup
  4. Anda dapat mengoleskan jus jeruk di kulit untuk menghilangkan pigmentasi dan mencerahkan kulit Anda
5 dari 8 halaman

4. Pepaya

Pepaya yaitu salah satu buah yang harus dimasukkan di dalam menu makanan jika Anda ingin memiliki kulit yang indah. Karena pepaya kaya akan berbagai vitamin seperti A, B dan C, dan juga memiliki banyak mineral seperti magnesium, tembaga, dan kalium.

Buah ajaib ini juga memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri dan dengan demikian bekerja secara ajaib dalam menyembuhkan berbagai infeksi kulit, bisul kulit, kutil, eksim. Berikut adalah beberapa cara efektif menggunakan pepaya untuk mendapatkan manfaat kulit yang maksimal:

  1. Masukan semangkuk buah lembek ini sebagai camilan pagi atau sore hari lalu jadikan buah ini sebagai minuman shake atau smoothie Anda
  2. Ambil sedikit pepaya dan haluskan dengan baik.
  3. Oleskan di wajah Anda dan bilas setelah 10 hingga 15 menit untuk menghilangkan kulit kering dan bersisik
  4. Oleskan pulp pepaya yang dicampur dengan minyak almond
6 dari 8 halaman

5. Apel

Apel adalah salah satu buah paling serbaguna yang digunakan secara luas karena berbagai manfaat kulinernya. Namun, buah ini juga merupakan pembangkit nutrisi. Apel kaya akan serat makanan, vitamin A dan C, kalsium, magnesium, dan kalium.

Mereka membantu mengusir radikal oksigen bebas dari tubuh karena kaya akan anti-oksidan. Ini adalah pilihan yang baik dalam buah-buahan untuk kulit bercahaya di musim dingin, berikut cara pengunaannya:

  1. Makan apel sebagai buah utuh, sekali sehari
  2. Anda dapat menambahkannya ke salad buah, pasta, sereal sarapan, cornflake, atau oatmealAnda dapat mengoleskan apel parut pada kulit untuk memberikan kesegaran instan
  3. Jika Anda memiliki kulit kering, oleskan bubur apel yang dicampur dengan madu untuk meningkatkan kelembapan kulit yang lelah
7 dari 8 halaman

6. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang bisa Anda temukan sepanjang tahun. Ini tidak hanya memberi Anda dorongan energi instan yang sangat dibutuhkan tetapi pisang telah terbukti memiliki khasiat penyembuhan kulit.

Bahkan kulit buah ini memiliki efek penyembuhan pada kulit dan dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Selain kaya akan serat makanan, vitamin A, vitamin C, Vitamin E, dan vitamin K, pisang memiliki banyak fosfor, magnesium, kalium, dan kalsium. Ia juga memiliki sifat antioksidan dan bekerja dengan baik sebagai pelembab kulit. Berikut adalah beberapa cara efektif menggunakan pisang untuk manfaat kulit Anda:

  1. Anda bisa makan satu pisang sebagai hal pertama di pagi hari
  2. Anda bisa memotong buah yang enak ini untuk membuat oatmeal, cornflake atau bubur lebih enak
  3. Anda dapat menambahkannya ke pancake, cake, cookies, atau shakeAmbil pisang tumbuk dan oleskan ke seluruh wajah selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat untuk kilauan pada kulit Anda.

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

8 dari 8 halaman

Saksikan Pilihan Video Dibawah Ini: