Sukses

5 Cara Menggunakan Kopi untuk Membantu Pertumbuhan Rambut

Kopi menjadi bahan alami yang terbukti paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup banyak individu. Namun, kopi tak hanya bisa membantumu menambah dosis energi, tapi juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

Menumbuhkan rambut di usia dewasa tentu menjadi tugas yang berat. Apalagi gaya hidup yang penuh tekanan, paparan kotoran, polusi, paparan sinar matahari dan pola makan yang tidak sehat berdampak besar pada rambut kita. Faktor tersebut membuat rambut lebih sulit tumbuh. 

Untuk itu, kopi menjadi bahan alami yang terbukti paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Nah, penasaran bagaimana menggunakan kopi untuk meningkatkan pertumbuhan rambutmu? 

Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (25/8/2020).

1. Hanya Kopi

Membilas rambutmu dengan kopi diikuti dengan pijatan kepala cepat merangsang folikel rambut dan sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm kopi bubuk dan 1 cangkir air panas. Lalu seduh kopi kental dan sisihkan hingga dingin. Keramas rambutmu seperti biasa dan peras kelebihan air di rambutmu. Miringkan kepalamu ke belakang dan tuangkan kopi ke kulit kepala dan rambutmu. 

Pijat kulit kepalamu selama 3-5 menit. Tutupi rambutmu dengan shower cap dan biarkan selama 20-30 menit. Lalu bilas rambutmu hingga bersih. Gunakan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kopi, Minyak Kelapa dan Yogurt

Minyak kelapa mengisi kembali protein yang hilang di rambutmu untuk memulihkan rambut yang rusak dan menutrisi folikel rambut untuk memperkuat rambutmu.

Yogurt mengandung asam laktat yang secara lembut mengelupas kulit kepala dan menghilangkan semua penumpukannya. Folikel rambut menyerap nutrisi lebih baik dan membantu rambutmu tumbuh.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm bubuk kopi, 2 sdm minyak kelapa dan 3 sdm yogurt. Lalu campurkan bubuk kopi dan minyak kelapa hingga mendapatkan pasta halus tanpa ada gumpalan. Setelah kamu mendapatkan konsistensi yang tepat, tambahkan yogurt ke dalamnya. Aduk seluruh bahan hingga rata.

Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup mengambil pasta ini di tanganmu dan oleskan ke kulit kepala dan rambutmu. Lalu tutupi rambutmu dengan shower cap dan biarkan masker menempel di rambutmu selama sekitar satu jam.

Setelah satu jam, cuci rambutmu seperti biasa dengan menggunakan sampo. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini 2-3 kali seminggu.

3 dari 5 halaman

3. Lulur Kopi

 

Sama seperti kulitmu, kulit kepalamu juga membutuhkan scrub yang menutrisi. Mengelupas kulit kepalamu dengan kopi bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala dan kualitas rambutmu secara keseluruhan. 

Yang kamu butuhkan, 8 sdm kopi bubuk dan 1 cangkir air panas. Lalu seduh kopi dan saring untuk mengumpulkan bubuk kopi yang diseduh. Biarkan bubuk kopi benar-benar dingin.

Ambil bubuk kopi secukupnya dan gunakan untuk menggosok kulit kepalamu secara menyeluruh selama 3-5 menit. Bilas dan biarkan rambutmu kering. Gunakan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang diinginkan.

4 dari 5 halaman

4. Kopi, Minyak Kelapa dan Minyak Almond

 

Campuran bahan-bahan ini bekerja sangat baik untuk kulit kepala yang sangat kering. Dengan efek stimulasi dari kopi dan minyak kelapa yang dicampur dengan sifat emolien minyak almond, kamu akan melihat pertumbuhan rambut yang sehat dalam waktu singkat. 

Yang kamu butuhkan, 2 sdm kopi bubuk, 1 sdm minyak kelapa, 1 sdt almond, 1 cangkir kopi hitam. Lalu campurkan kopi bubuk dan tambahkan minyak, dan aduk rata.

Oleskan campuran kopi kasar pada kulit kepalamu dan pijat kepala dengan gerakan memutar. Biarkan di kulit kepalamu selama 15 menit. Seduh secangkir kopi hitam dan sisihkan hingga dingin. Setelah 15 menit berakhir, keramas rambutmu seperti biasa.

Selanjutnya, bilas rambutmu dengan kopi yang sudah diseduh sebelumnya. Pastikan kopi sudah benar-benar dingin sebelum digunakan pada kulit kepala. Tunggu 5 menit lagi dan bilas rambutmu sampai bersih. 

Untuk hasil yang maksimal, gunakan perawatan ini 1-2 kali seminggu.

5 dari 5 halaman

5. Kopi, Minyak Kelapa dan Vitamin E

 

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dan stress oksidatif, sehingga kamu mendapatkan kulit kepala bergizi yang sempurna untuk pertumbuhan rambut yang sehat. 

Yang kamu butuhkan, 2 sdm bubuk kopi, 2 sdm minyak kelapa dan 1 kapsul vitamin E. Lalu campurkan kopi dengan minyak kelapa, tusuk kapsul vitamin E dan tambahkan ke campuran tersebut. Aduk hingga tercampur rata.

Biarkan campuran tersebut beristirahat semalaman. Di pagi hari, aduk campuran tersebut dan oleskan ke kulit kepala dan rambutmu. Biarkan selama 20-30 menit, lalu keramas seperti biasa. Gunakan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang diinginkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.