Sukses

Khasiat Ragi untuk Perawatan Kulit Tampak Bercahaya

Ragi nyatanya bisa diaplikasikan sebagai perawatan kecantikan, meliputi masker wajah, esens dan kosmetik.

Liputan6.com, Jakarta - Ragi biasanya digunakan sebagai bahan baku membuat berbagai roti maupun tapai. Namun, ragi nyatanya menyembunyikan khasiat yang bermanfaat bagi perawatan kulit.

Layaknya bahan-bahan alami lainnya, ragi juga bisa diaplikasikan sebagai perawatan kecantikan, meliputi masker wajah, esens dan kosmetik.

Kandungan vitamin B, antioksidan, dan lipid dalam ragi diklaim bisa membantu mengatasi masalah kulitmu. Hal itu diungkapkan pakar kesehatan kulit Dr Pooja Sha Talera yang merekomendasikan produk olahan roti ini untuk menghidrasi, mengurangi peradangan, melindungi kulit dari kerusakan radikal dan menjaga kelembapan kulit. 

Nah, penasaran apa saja manfaat ragi untuk masalah kulitmu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Timesofindia, Rabu (26/8/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu mempertahankan integritas kulit

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di luar rumah, tanpa sadar polusi hinggap pada permukaan kulit. Akibat aktivitas tersebut kulitmu pun tampak kusam.

Untungnya, kandungan vitamin B pada ragi mampu menangkal partikel-partikel jahat dengan meningkatkan integritas kulit. Ini membantu menyeimbangkan kulit untuk melawan timbulnya jerawat, bahkan mencegah peradangan kulit.

Sebagai sumber beta-glukan yang melawan radikal bebas, ragi memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Dr Pooja menjelaskan beta-glukan bisa mendorong pergantian sel melalui sel fagositosis dan memfasilitasi proses detokfikasi. Hasil dari keduanya bantu mencerahkan kulit.

3 dari 4 halaman

Produk Kosmetik Jadi Tahan Lama

Bahan andalan roti ini terkenal sebagai perannya sebagai agen fermentasi yang mampu menambah citra rasa pada makanan. Melalui proses fermentasi, ragi membuat bahan-bahan produk kulit mudah diserap serta meningkatkan ketahanan kosmetik.

Hasilnya, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dr Shoba Sudeep asam amino dan peptida berfungsi untuk membantu pergantian sel kulit, yang juga meningkatkan sintesis kolagen.

4 dari 4 halaman

Menghindrasi Kulit

Selain mencerahkan kulit, kandungan lipid dalam ragi bertindak sebagai biosurfaktan. Unsur ini membantu melembabkan dan menutrisi kulitmu.

Pada dasarnya, proses hidrasi merupakan unsur penting bagi Anda yang menginginkan kulit sehat. Maka dari itu, kandungan biosurfaktan dalam hal ini meningkatkan proses hidrasi pada kulit Anda.

Meski kaya akan manfaat, dalam penggunaannya perlu diperhatikan. Jika Anda tertarik membuat masker ragi, usahakan jangan mencampur dengan campuran senyawa lainnya. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan mengaktifkan ragi, sedangkan sebagian produk perawatan kulit lainnya bersifat nonaktif. Ini akan berdampak pada kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.