Sukses

Cara Menggunakan Jahe untuk Rambut Lebih Sehat

Jahe ternyata bisa menyehatkan rambut yang menunjang pertumbuhan rambut kepala Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Jahe menjadi salah satu rempah yang dikenal karena aromanya yang kuat dan pedas. Selain menjadi bumbu dapur, jahe juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Namun, tak hanya untuk penyakit. Jahe juga bisa menyehatkan rambut yang menunjang pertumbuhan rambut kepala Anda.

Jahe dipercaya sebagai agen anti-inflamasi dan antimikroba yang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala untuk merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Di samping itu, tanaman herbal tersebut juga berkhasiat sebagai anti jamur yang bekerja untuk menjaga kebersihan kulit kepalaMU.

Selain itu, jahe juga menyimpan kandungan asam lemak esensial, seperti asam linoleat yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut sehat.

Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan jahe untuk memiliki rambut indah dan sehat? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (23/8/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jahe

Mengaplikasikan jahe pada rambut bisa meremajakan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat. Bahan yang kamu butuhkan, jahe dan kapas.

Pertama-tama yang perlu dilakukan yaitu mengoleskan jahe pada kulit kepalamu dan pastikan jangan kena bagian rambut. Jika kamu merasa kesemutan di kulit kepala, langsung tambahkan air untuk meringankan konsentrasi jahe tersebut.

Lalu, biar produk tersebut meresap dan biarkan hingga 30 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo dan diakhiri dengan penggunaan kondisioner. Untuk hasil maksimal, gunakan perawatan ini tiga kali dalam seminggu.

3 dari 4 halaman

2. Jahe, Minyak Zaitun dan Lemon

Kandungan minyak zaitun terbukti untuk memberikan efek kilauan pada rambut. Hal ini karena minyak tersebut menjaga kelembaban kulit kepala.

Sementara itu, lemon yang kaya vitamin C dan aktioksidan membantu untuk meningkatkan produksi kolagen yang menyebabkan rambutmu menjadi lebat. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan, 2 sdm jahe, 3 sdm minyak zaitun, dan setengah sendok teh lemon.

Selanjutnya campurkan semua bahan dan aduk hingga rata. Lalu campuran tersebut dioleskan pada kulit kepalamu. Diamkan selama 30 menit sebelum diuci dengan sampo.

Cobalah ulangi langkah-langkah di atas sebanyak 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diimpikan.

4 dari 4 halaman

3. Jahe, Minyak Kelapa dan Bawang Putih

Sudah tak asing lagi, minyak kelapa bisa membuat rambut sehat. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa berperan untuk menjaga ketersediaan protein untuk mencegah kerusakan serta mempercepat pertumbuhan rambutmu.

Keberadaan bawang putih dalam percampuran ini juga memegang peranan penting sebagai agen anti bakteri yang menjamin semua nutrisi masuk ke dalam kulit kepala.

Bahan tambahan santan yang kaya vitamin B, C, dan asam laurat menutrisi kebutuhan rambut Anda. Sementara, khasiat madu yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti bakteri, dan emolien menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala Anda.

Kamu perlu siapkan, 1 sdt jahe, 4 sdt minyak kelapa, 3 siung bawang putih, 6 sdt santan, dan 2 sdt madu.

Rangkaian tahapan hampir sama seperti bahan lainnya. Hanya saja pada langkah terakhir tak perlu menggunakan kondisioner. Dan pemakaian tak sesering dua produk olahan lainnya, hanya seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.