Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur Agar Tak Alami Mimpi Buruk

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kalian tentu pernah mengalami mimpi buruk saat tidur di malam hari. Meski tak bisa mengingatnya secara pasti usai terbangun, namun kalian tentu merasakan tak nyaman dan ketakutan.

Mimpi buruk tidak hanya mengganggu siklus tidur kita tetapi mimpi buruk juga mengguncang kita sepenuhnya, khususnya jika kalian mengalaminya sebelum bangun.

Keadaan bisa menjadi lebih buruk jika mimpi buruk sering membangunkan kalian di malam hari, sangat mengacaukan siklus tidur kalian dan menyebabkan kalian sangat tertekan, bahkan hingga ke siang hari.

Tapi kalian tidak perlu cemas, karena para ahli memberikan tips mencegah kalian kembali mengalami mimpi buruk di malam hari. Adapun tips dari Dr. Niharika Yadav dilansir dari TimesofIndia, sebagai berikut:

2 dari 7 halaman

1. Jauhi ponsel setidaknya satu jam sebelum waktu tidur

Sinar biru yang dihasilkan dari layar ponsel bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Jika lain kali Anda diganggu oleh mimpi buruk, jauhi gadget dan layar setelah jam 10 malam atau setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat digital Anda sebenarnya mengacaukan produksi melatonin - hormon yang mengatur tidur Anda.

3 dari 7 halaman

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat setidaknya 90 menit sebelum waktu tidur akan menurunkan suhu inti tubuh dan memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Ya, mandi satu hingga dua jam lebih awal dari waktu tidur Anda merangsang sistem termoregulasi tubuh dan suhu inti turun. Ini mengarah pada peningkatan produksi melatonin yang membantu Anda tidur nyenyak.

4 dari 7 halaman

3. Jauhi kafein di malam hari

Jika Anda sedang berjuang melawan mimpi buruk, penting bagi Anda untuk menghindari secangkir kopi atau teh panas setelah jam 2 siang. Ingat, kafein adalah stimulan dan dapat menyebabkan gangguan tidur dengan meningkatkan produksi adrenalin. Akibatnya, otak Anda menjadi lebih aktif saat Anda terbaring dan mengarah pada mimpi buruk.

5 dari 7 halaman

4. Tenangkan pikiran sebelum pergi tidur

Kami memproses begitu banyak emosi yang berbeda sepanjang hari dan tidak semuanya positif. Ketika Anda langsung pergi tidur sebelum mengesampingkan pikiran-pikiran yang mengganggu ini atau bahkan mempersiapkan tubuh Anda untuk waktu tidur, Anda mungkin akhirnya akan memimpikannya.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengembangkan rutinitas malam hari yang akan membantu pikiran dan tubuh Anda untuk tenang dan bersiap untuk tidur. Anda dapat mendengarkan musik yang menenangkan, mematikan lampu, bermeditasi, menyalakan lilin beraroma atau bahkan membaca buku. Anda juga dapat membuat jurnal jika itu menenangkan Anda dan memberi Anda kedamaian.

6 dari 7 halaman

5. Tidur secara teratur

Ini adalah nasihat lama, tetapi tetap ampuh. Pilih waktu tidur dan waktu bangun sesuai rutinitas Anda dan pastikan Anda mematuhinya, bahkan di akhir pekan. Ketika Anda menetapkan waktu bangun dan waktu tidur yang tetap, tubuh Anda perlahan-lahan akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang sehat.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: