Sukses

5 Kesalahan Pagi Hari yang Bikin Kamu Nggak Produktif

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki rutinitas masing-masing di waktu pagi sebelum mulai beraktivitas. Dari minum kopi sebelum bekerja atau menonton tv dan membaca koran lebih dulu.

Namun, percaya atau tidak, kalau kebiasaan di pagi hari bisa menentukan kualitas waktumu seharian. Hal yang kita lakukan di pagi hari ikut memainkan peran untuk seluruh kegiatan kita seterusnya pada hari itu.

Sayangnya ada beberapa rutinitas yang tanpa disadari justru memberikan dampak negatif buat tubuh dan menghambat produktivitas. Agar terhindar dari kesalahan, berikut adalah 5 rutinitas di pagi hari yang bisa merusak hari. 

2 dari 7 halaman

1. Mematikan Alarm

Menyiapkan alarm di malam hari sebagai tanda pembangun tak ada salahnya. Namun, ketika alarm berbunyi, apa yang kamu lakukan? Mematikannya beberapa menit dan kembali tidur atau langsung bangun untuk memulai hari?

Sebaiknya jangan menekan 'snooze' meskipun hanya lima atau sepuluh menit saja. Pasalnya, kembali tidur untuk beberapa menit tak membuat energimu bertambah. Kamu justru bisa merasa pusing dan tidak bugar.

Oleh karena itu, aturlah alarm sesuai kebutuhan setiap harinya supaya tubuh terbiasa.

3 dari 7 halaman

2. Memainkan ponsel dan Mengecek Media Sosial

Meletakkan ponsel di dekat tempat tidur tentunya memudahkan kita untuk bermain ponsel saat bangun tidur. Mulai dari mengecek notifikasi yang muncul hingga melihat feed media sosial yang semakin membuatmu malas beranjak dari atas kasur.

Kebiasaan bermain ponsel saat bangun tidur justru bisa membuat otak lebih dulu kelelahan sebelum memulai kerja. Selain itu, juga bisa mengurangi tingkat konsentrasi dan fokus.

Daripada membuang waktu untuk scroll media sosial, lebih baik melakukan peregangan otot agar lebih segar dan bugar menjalani hari.

4 dari 7 halaman

3. Mengabaikan Minum Air Putih

Sebagian orang terbiasa minum secangkir kopi hangat di pagi hari daripada air putih. Hal ini justru bisa meningkatkan jumlah hormon stress kortisol dalam tubuh.

Mengkonsumsi satu hingga dua gelas air putih setelah bangun tidur lebih dianjurkan karena tubuh mengalami dehidrasi setelah terlelap sepanjang malam.

Waktu yang tepat untuk minum kopi adalah saat pertengahan antara pagi dengan siang, yaitu pukul 9.30.

5 dari 7 halaman

4. Tak membereskan tempat tidur

Seringkali karena terburu-buru, kita lupa dan melewatkan aktivitas yang satu ini. Padahal membersihkan tempat tidur setelah bangun bisa membuat kita produktif selama seharian, lho.

Merapikan tempat tidur secara rutin bisa mendorong mood menjadi lebih baik dan melatih kedisiplinan diri.

Selain itu, ada perasaan senang dan bangga karena kita telah bekerja keras membersihkan tempat tidur. Hal ini bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik dan mendorong kita untuk berpikir lebih positif.

6 dari 7 halaman

5. Terlalu banyak membuat rencana dalam sehari      

Membuat daftar kegiatan untuk sehari penuh tentu tak ada salahnya. Namun, tak jarang hal ini justru membuat diri kewalahan.

Fokuslah pada hal-hal penting yang perlu diselesaikan. Buatlah daftar dengan gambaran secara rinci agar memudahkan kamu fokus menyelesaikan kegiatan tersebut.

Nah, kebiasaan salah mana yang kamu lakukan di pagi hari?

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: