Sukses

6 Manfaat Luar Biasa Kacang Hazelnut untuk Kesehatan, Rambut dan Kulit

Ternyata mengkonsumsi kacang hazelnut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kacang hazelnut atau juga disebut dengan filber dikenal memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Selain enak, kacang yang berasal dari pohon Corylus ini kaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Hazelnut bisa dimakan dalam bentuk mentah, ditumbuk atau dipanggang yang biasa digunakan sebagai tambahan lezat untuk banyak hidangan, terutama camilan.

Ternyata mengkonsumsi kacang hazelnut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (8/7/2020).

1. Mengurangi Risiko Obesitas   

Kacang hazelnut meningkatkan metabolisme saat dikonsumsi dan ini membantu menurunkan berat badan. Peningkatan metabolisme berarti meningkatkan laju pembakaran kalori dan diubah menjadi energi.

Menurut sebuah penelitian, kacang hazelnut bisa mengurangi kemungkinan obesitas karena mereka meningkatkan metabolisme. 

Selain itu, hazelnut kaya akan protein, lemak dan serat yang memberikan rasa kenyang. Ini mencegah kamu nyemil dan membuat kamu kenyang lebih lama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

 

Hazelnut dianggap sebagai makanan super penguat otak karena kaya akan vitamin E, mangan, tembaga dan folat. Vitamin E dan magnesium diklaim memainkan peran utama dalam fungsi kognitif dan mengurangi risiko penyakit terkait usia seperti Alzheimer, Parkinson dan demensia.

3 dari 6 halaman

3. Kelola Diabetes

 

Menurut sebuah penelitian, hazelnut bisa membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Asam oleat, sejenis asam lemak dalam hazelnut dikatakan memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin.

4 dari 6 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Tulang

 

Kehadiran kalsium dan magnesium dalam hazelnut berkontribusi pada tulang yang lebih sehat dan kuat. Hazelnut meningkatkan kepadatan mineral tulang dan menurunkan kemungkinan osteoporosis dan osteoartritis.

5 dari 6 halaman

5. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Tingginya jumlah vitamin E dalam hazelnut berkontribusi pada kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin E mencegah penuaan kulit dini dan menjaga kesehatan kulit dengan merawat bekas luka, jerawat dan kerutan. Vitamin ini juga membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

6 dari 6 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

 

Hazelnut adalah sumber antioksidan dan asam lemak omega 9 yang sangat baik yang berkontribusi pada peningkatan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. 

Ini membantu mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini