Sukses

Viral, Pengguna TikTok Kesal Temukan Sampah Asal Indonesia Dibuang Sembarangan di Jepang

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan seharusnya menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh siapapun, kapanpun, di manapun dia berada. Membuang sampah pada tempatnya salah satunya. Tak heran, beberapa negara memberlakukan denda bagi mereka yang membuang sampah sembarangan.

Jepang adalah salah satu negara yang bersih dari sampah. Mereka memiliki kebiasaan memilah sampah sendiri, bahkan ada hari-hari tertentu untuk membuang sampah yang berbeda. Tentu ini menjadi salah satu nilai plus bagi para pelancong yang pergi ke Jepang.

Namun, apa jadinya jika Anda menemukan sampah asal Indonesia di Jepang? Dibuang di sembarang tempat pula. Tentu Anda akan merasa malu saat melihatnya. Itulah yang dirasakan oleh seorang pria Indonesia bernama Hasan saat melihat sampah dari Indonesia berserakan di salah satu sudut jalanan di Kyoto. 

 

2 dari 6 halaman

Sampah asal Indonesia

Hasan pun mengunggah video di TikTok @hassanhans saat melihat hal yang membuatnya kaget sekaligus emosi itu.

"Beberapa hari ke Jepang, belum pernah aku menemui sampah. Sekalinya nemu langsung emosi kayak gini dong," ucap pria yang akrab disapa Mas Kasan itu dalam video yang diunggah pada 28 Juni 2020.

"Ke Jepang baru nemu sampah ternyata baru nemu ini, punya siapa hayo? Garuda pedas dong, sama sambel. Hayo punya siapa ini ngaku! Duh, jangan dicontoh ya gais malu banget kalau kita dicap jelek sama negara lain," lanjutnya.

3 dari 6 halaman

Viral

Ia pun memperingatkan apa yang ditampilkan di dalam videonya yang viral tersebut untuk tidak dicontoh. "Jangan dicontoh ya, guys! Pas traveling, sampahnya disimpan dulu di tas aja ya, baru buang pas di hotel aja plis," tulisnya.

Video TikTok tersebut hingga kini sudah ditonton lebih dari 1,8 juta views, mendapat 146.000 likes dan diramaikan 2.244 komentar. Warganet pun langsung membanjiri kolom komentar,.

4 dari 6 halaman

Respons Warganet

Ada yang merasa malu dan bingung kenapa orang Indonesia tak bisa membuang sampah pada tempatnya. Namun, ada juga yang mengatakan kalau hal itu belum tentu dilakukan orang Indonesia.

"Suka heran sama indo's people. Keluar negeri, budaya buruk dinegeri sendiri masih dibawa bawa,"  tulis seorang warganet.

"Siapa tau snack nya dijual di Jepang.... Mungkin orang Jeoang yang buang?" komentar warganet lainnya.

5 dari 6 halaman

Travel Blogger

Sementara itu, Mas Kasan diketahui adalah seorang travel blogger dengan alamat blog travelerkere.com. Dia juga bekerja sebagai fotografer freelance. Dari unggahannya di media sosial, Mas Kasan sepertinya berada di Jepang untuk keperluan pekerjaannya di bidang fotografi.

(Henry)

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: