Sukses

Top 3: Gerhana Matahari Cincin di Indonesia hanya Gerhana Matahari Sebagian

Artikel tentang gerhana matahari cincin Minggu 21 Juni 2020, di Indonesia hanya gerhana matahari sebagian menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana Matahari Cincin berlangsung Minggu 21 Juni 2020. Meski begitu, tak seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena langit ini. Itu pun berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Menurut Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto, Indonesia hanya bisa melihat Itu pun berupa Gerhana Matahari Sebagian, saat negara lain menyaksikan Gerhana Matahari Cincin.

"Akan terjadi Gerhana Matahari Cincin pada 21 Juni 2020, tapi tak terlihat dari wilayah Indonesia. Indonesia hanya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian dari wilayah utara Indonesia," ujar Rhorom, seperti dikutip dari Antara, Jumat 19 Juni 2020.

Artikel tentang gerhana matahari cincin Minggu 21 Juni 2020, di Indonesia hanya gerhana matahari sebagian menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 11 ekspresi kucing super lucu, dari mengantuk sampai terkejut.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang jangan lewatkan, ini jadwal gerhana matahari sebagian di 31 provinsi di Indonesia.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Gerhana Matahari Cincin Minggu 21 Juni 2020, di Indonesia Hanya Gerhana Matahari Sebagian

 

Melansir informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di Indonesia, Aceh akan mengalami gerhana lebih dulu. Di Sabang, Aceh bisa terjadi pada pukul 13.16 WIB. Waktu puncak fenomena Gerhana Matahari Sebagian ini akan berbeda-beda di setiap daerahnya.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Bulan terlalu jauh dari Bumi, sehingga tidak sepenuhnya menutupi Matahari. Ini menghasilkan cincin cahaya di sekitar Bulan yang gelap. Korona Matahari tidak terlihat selama Gerhana Cincin.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 11 Ekspresi Kucing Super Lucu, dari Mengantuk Sampai Terkejut

Kucing menjadi salah satu hewan yang digemari individu untuk dijadikan sebagi hewan peliharaan.

Hal ini karena kucing memiliki sikap mudah akrab terhadap manusia dan tingkah yang lucu nan menggemaskan. Bukan hanya itu, terkadang kucing juga memperlihatkan ekspresi-ekspresi wajah yang tak terduga.

Bahkan, tak sedikit ekspresi kucing yang unik bertebaran di media sosial dan dijadikan sebagai meme. Layaknya manusia pada umumnya, kucing juga bisa memiliki berbagai ekspresi. Mulai dari gemas, pemalas, hingga marah.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Jangan Lewatkan, Ini Jadwal Gerhana Matahari Sebagian di 31 Provinsi Indonesia

Gerhana Matahari Cincin tidak terlihat di Indonesia. Hanya mendapat Gerhana Matahari Sebagian. Meski demikian fenomena ini tetap menarik disaksikan.

Menurut Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto, Indonesia hanya bisa melihat Itu pun berupa Gerhana Matahari Sebagian, saat negara lain menyaksikan Gerhana Matahari Cincin.

"Akan terjadi Gerhana Matahari Cincin pada 21 Juni 2020, tapi tak terlihat dari wilayah Indonesia. Indonesia hanya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian dari wilayah utara Indonesia," ujar Rhorom, seperti dikutip dari Antara, Jumat 19 Juni 2020.

Selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.