Sukses

7 Manfaat Kesehatan Konsumsi Bawang Merah, Bantu Turunkan Kolesterol

Apakah kamu tahu bahwa bawang merah dikemas dengan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Liputan6.com, Jakarta - Bawang merah menjadi salah satu bumbu masak yang digunakan banyak individu di dunia dalam berbagai masakan.

Keserbagunaan dengan memiliki rasa dan aroma yang khas, membuat bawang merah populer dan disukai banyak individu. Namun, apakah kamu tahu bahwa bawang merah dikemas dengan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Nah, penasaran apa saja manfaat jika mengkonsumsi bawang merah? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (19/4/2020).

1.   Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kaya akan zat besi, tembaga dan potassium, mengkonsumsi bawang merah bisa membantu merangsang produksi sel darah merah. 

Selain itu, juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darahmu, transportasi lebih banyak oksigen ke area-area penting tubuh, meningkatkan energi dan juga meningkatkan pertumbuhan kembali sel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Kelola Kolesterol

 

Bawang merah mengandung senyawa yang disebut alicin, yang bisa membantu mengelola kadar kolesterol dalam tubuhmu. 

Senyawa ini menghasilkan enzim yang disebut reductase (diproduksi di hati) yang bisa membantu mengendalikan produksi kolesterol.

3 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang disebutkan di atas, bawang merah kaya akan allicin dan dengan demikian membantu dalam mengelola kadar kolesterol dalam tubuhu. 

Itu yang membantu meningkatkan kesehatan jantungmu karena kadar kolesterol yang rendah dalam tubuhmu membantu mencegah timbulnya aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.

 

4 dari 7 halaman

4. Kurangi Tekanan Darah

 

Karena kaya akan potassium dan allicin, kombinasi keduanya berperan sebagai vasodilator, meningkatkan pelepasan aksida nitrat dalam tubuh – secara langsung memengaruhi tingkat tekanan darah tinggi. 

Kalium akan membantu merelaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan alirah darah gratis.

5 dari 7 halaman

5. Kendalikan Diabetes

 

Allium dan allyl disulfide, dua senyawa fitokimia yang ditemukan dalam bawang merah memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa ini membantu dalam mengatur kadar gula dalam tubuh.

6 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Fungsi Otak

 

Asam gamma-aminobutyric yang ada di bawang merah adalah neurotransmitter kunci yang memiliki dampak langsung pada relaksasi otakmu. 

Juga, berbagai mineral dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah, termasuk piridoksin meningkatkan fungsi yang sama, menenagkan sarafmu dan mengurangi stres.

7 dari 7 halaman

7. Pertahankan Kepadatan Tulang

 

Bawang merah kaya akan kalsium, yang membuatnya bermanfaat tidak hanya untuk menjaga, tapi juga meningkatkan kepadatan tulangmu. 

Mengkonsumsi bawang merah secara teratur bisa sangat baik untuk kesehatan tulangmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.