Sukses

Sering Disepelekan, Ini Pentingnya Keringkan Tangan Usai Mencucinya

Tak banyak yang menyadari bahwa mengeringkan tangan tak kalah penting dibandingkan dengan mencuci tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah mewabahnya Virus Corona atau COVID-19, sangat penting untuk terus melakukan upaya pencegahan penularan. Salah satu cara sederhana yang sangat penting dilakukan saat ini ialah dengan mencuci tangan dengan rutin.

Dengan mencuci tangan, kamu juga tak hanya mencegah tertularnya Virus Corona saja, tapi juga merupakan kebiasaan untuk mencegah penyakit lainnya.

Kamu dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Setelahnya, kamu juga harus mengeringkan tangan terlebih dahulu sebelum kembali memulai aktivitas.

Tak banyak yang menyadari bahwa mengeringkan tangan tak kalah penting dibandingkan dengan mencuci tangan. Jika kamu tak mengeringkan tangan dengan benar, justru bisa menimbulkan masalah kesehatan dan usahamu mencuci tangan jadi sia-sia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa menyebabkan masalah kesehatan

Melansir dari Medical Daily, Jumat (14/3/2020), sebuah penelitian di Journal of Infection Prevention yang dilakukan tahun 2018 menyatakan bahwa tangan yang basah bisa jadi penyebab masalah kesehatan. Seperti bisa menyebabkan infeksi maupun kontaminasi dari lingkungan.

Terlebih lagi, ketika mencuci tangan secara berlebihan bisa menghilangkan minyak alami di kulit sehingga membuatnya jadi kering, pecah-pecah hingga terkelupas. Dalam kondisi kulit seperti ini, tangan bisa lebih mudah terinfeksi oleh kuman.

Tak banyak yang tahu, nyatanya perpindahan bakteri lebih mungkin terjadi ketika tangan dalam kondisi basah. Pasalnya bakteri tinggal di lingkungan yang lembap. Oleh karena itu, mengeringkan tangan secara tepat bisa meminimalisir risiko perpindahan bateri karena kelembapan.

3 dari 3 halaman

Usahakan gunakan tisu

Pada toilet-toilet di tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau bioskop biasanya dilengkapi dengan hand dryer. Namun, usahakan untuk menggunakan tisu ketika mengeringkan tangan usai mencucinya.

Ketika menggunakan hand dryer, mesin tersebut justru dikhawatirkan akan mengeluarkan bakteri yang kemudian menempel pada tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.