Sukses

Berkunjung ke China, Wajib Kunjungi 5 Warisan Dunia yang Menakjubkan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki penduduk terbanyak di dunia yaitu 1,4 miliar jiwa, membuat negara China menyandang status sebagai negara terbesar ke-3 di dunia. Selain memiliki penduduk yang sangat banyak, negara China juga memiliki berbagai warisan dunia yang cukup menarik untuk kamu kunjungi.

Dalam penetapan oleh UNESCO, setidaknya ada 5 tempat di China khususnya pada Provinsi Sichuan yang berhasil dijadikan sebagai tempat warisan dunia oleh UNESCO. Jika kamu berlibur ke negara China, kamu wajib mengunjungi 5 tempat tersebut karena destinasi wisata tersebut menyediakan berbagai hal menarik. 

Berikut deretan warisan milik China yang harus kamu kunjungi:

2 dari 7 halaman

1. Gunung Qingcheng dan Dujiangyan

Gunung Qingcheng adalah tempat yang bersejarah milik China. Di gunung bernuansa asri dan indah ini juga terdapat candi-candi suci dan beberapa aula serta deretan pohon bambu.

Tidak hanya itu, Gunung Qingcheng juga memiliki banyak kuil yang sering dijuluki oleh para wisatawan karena selalu menyediakan atraksi dan berbagai kostum menarik. Untuk kamu yang suka dengan pertanian, kamu bisa belajar dan menambahkan ilmu bertanimu di tempat ini sebab Gunung Qingcheng dan Dujiangyan memiliki sistem irigasi yang cukup baik.

3 dari 7 halaman

2. Jiuzhaigou

Jiuzhaigou adalah kota kecil yang berada di pegunungan Min, provinsi Sichuan. Jiuzhaigou ini juga terletak di sisi ujung dataran tinggi Tibet. Jika kamu berkunjung ke tempat wisata ini, nantinya kamu akan disuguhkan dengan pemandangannya yang indah.

Berkat keindahan alamnya, tempat wisata Jiuzhaigo selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin melihat berbagai keindahan, seperti hutan hijau yang cukup luas, danau-danau yang menarik, puncak gunung yang tertutupi salju, serta berbagai satwa yang hanya bisa kamu temui di China.

Tidak hanya memiliki hutan, Jiuzhaigou ternyata memiliki lembah yang sangat menganggumkan. Lembah tersebut memiliki 108 danau dengan air sangat jernih.

4 dari 7 halaman

3. Giant Panda di Sichuan

Nah, siapa dari kalian yang ingin melihat hewan lucu yang satu ini? Jika kamu penasaran, kamu bisa mengunjungi Giant Panda yang berada di China loh. Tempat ini menjadi warisan dunia yang diakui UNESCO karena memiliki panda raksasa yang hampir punah.

Tempat ini juga memiliki 2 jenis panda dengan corak yang berbeda yaitu ada bercorak hitam dan ada juga yang bercorak putih. Giant Panda ini juga sebagai tempat penangkaran yang sangat penting bagi panda. Tidak hanya Giant Panda, 2 tempat lainnya yang melindungi panda juga berada di China, seperti Seven Nature Reserves dan Nine Scenic Park yang terletak di Qionglai dan Jiajin.

Nantinya, jika kamu berkunjung ke tempat ini kamu akan melihat berbagai aktivitas panda yang sedang bermain dan melakukan hal lainnya. Kamu juga dapat membeli berbagai sovenir serba panda yang sangat lucu.

5 dari 7 halaman

4. Gunung Emei dan Patung Budha Raksasa

Warisan China keempat ialah Gunung Emei dan juga Patung Budha Raksasa. Yang perlu kalian ketahui adalah Gunung Emei ini menjadi gunung tertinggi yang berada di China dan terletak di Leshan, Provinsi Sichuan. Tak kalah dari gunung-gunung yang lain, Gunung Emei menawarkan pemandangan yang ciamik yang akan memanjakan matamu, loh.

Puncak tertinggi pada Gunung Emei ini bernama puncak emas yang ketinggiannya mencapai 3079 meter di atas permukaan laut. Saat kamu berada di puncaknya, kamu akan merasa seperti sedang berdiri di atas awan dan akan melihat gumpalan awan yang membentang cukup luas di puncak emas tersebut.

Selain gunung, Patung Buddha yang berada di kawasan tersebut juga menjadi patung Buddha terbesar di dunia dengan tinggi mencapai 71 meter dan lebar hingga 28 meter. Jari-jari patung Budha tersebut setidaknya memiliki panjang sekitar 8,5 meter dan sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1996.

6 dari 7 halaman

5. Huanglong

Untuk urutan kelima adalah Huanglong. Cagar alam yang satu ini adalah daerah wisata yang memiliki keindahan yang cukup menarik. Karena keindahannya yang alami, kolam air panas pada Lembah Huanglong juga dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Menariknya, kolam panas pada tempat tersebut bukan dibangun oleh manusia, melainkan tercipta dari reaksi alami endapan mineral yaitu “Yellow Dragon”. Nama tersebut sengaja diciptakan oleh para wisatawan pada kolam air panas tersebut.

 

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menkes: Pemerintah China Pastikan Warganya yang Keluar Negeri dalam Kondisi Sehat
Artikel Selanjutnya
Pemkab Tanah Datar: Tidak Mungkin Kita Menolak Kunjungan Wisatawan dari China