Sukses

Dianggap Sepele, Bernyanyi Ternyata Punya Segudang Manfaat

Liputan6.com, Jakarta - Bernyanyi menjadi salah satu hal yang lumrah dilakukan banyak orang dari berbagai kalangan dan usia. Tak hanya mengekspresikan perasaan, menyanyi juga kerap dilakukan di sela-sela aktivitas untuk membunuh waktu.

Bernyanyi memang kerap dianggap sebagai hal sepele. Namun jangan salah, ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari bernyanyi. Bernyanyi bisa membuat bahagia, meningkatkan kesehatan tubuh bahkan memperpanjang umur.

Dikutip dari Health is Wealth, Kamis (28/11/2019), berikut deretan manfaat bernyanyi yang tak banyak diketahui orang.

1. Lancarkan Peredaran Darah

Ketika bernyanyi seseorang menghirup oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Peredaran darah pun jadi lebih lancar sehingga bisa membuat otot-otot wajah lebih relax dan membuat kulit wajah lebih awet muda.

Ketika bernyanyi juga dibutuhkan konsentrasi yang kuat saat bernapas, ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2 dari 3 halaman

2. Mencegah Kebiasaan Mendengkur

Bernyanyi juga memperkuat tenggorokan dan otot pada bagian langit-langit mulut. Ini bisa membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur dan mencegah gangguan tidur lain seperti sleep apnea.

3. Hilangkan Stres

Bernyanyi membantu meningkatkan hormon bahagia dan antistres dalam waktu bersamaan. Sebuah penelitian di Sahlgrenska Academy di Universitas Gothenburg, Swedia, juga menuliskan bahwa bernyanyi memiliki khasiat yang sama seperti meditasi yoga.

4. Lebih Percaya Diri

Bernyanyi juga meningkatkan konsentrasi, kesehatan mental dan memperkuat ingatan. Tak cukup sampai di situ, bernyanyi juga bisa meningkatkan kehidupan sosial seseorang. Pasalnya dengan bernyanyi seseorang akan lebih percaya diri.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading