Sukses

Viral Foto Ijazah SD Super Jadul, Bikin Warganet Salah Fokus

Seorang netizen mengunggah lembar ijazah milik almarhum kakeknya, dan menjadi viral di kalangan warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Ijazah biasanya selalu dilengkapi beberapa biodata pribadi dan foto formal yang tertera di lembar ijazah.

Namun berbeda dari yang lainnya, sebuah akun Twitter @ulfahdh_ mengunggah lembaran ijazah jadul milik almarhum kakeknya. Uniknya, dalam ijazah tersebut terlihat foto kakeknya dengan gaya yang berbeda.

“Nemu ijazah sekolah rakjat alias sd alm eyangku dan posenya boleh gini dong. Uwu sekaliiw yangkung,” keterangan yang ditulis pada unggahan tersebut. 

Tidak disangka, unggahan tersebut beredar hingga menjadi perbincangan viral para pengguna lini masa Twitter. Banyak warganet bahkan menanggapi unggahan tersebut dengan beragam respons. Ada pula warganet yang turut mengunggah ijazah zaman dulu milik nenek ataupun kakek mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kartu Identitas Sekolah yang Unik

Beberapa warganet yang berkomentar juga ikut membagikan foto identitas sekolah milik neneknya pada zaman dahulu. Seperti akun Twitter @sharimii, ia memperlihatkan pose neneknya yang tidak biasa pada kartu identitas sekolah menjahit.

“Samaan sama foto nenekku buat kartu identitas sekolah menjahit enak jaman dulu fotonya bisa bebas ya,” tulis akun @sharimii.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Ejaan Soewandi

Dalam unggahan Ulfa, terlihat ejaan yang digunakan pada ijazah tersebut. Diketahui ejaan yang digunakan pada ijazah kakeknya adalah ejaan Soewandi.

Ejaan soewandi adalah ejaan dalam bahasa Indonesia yang berlaku sejak 17 Maret 1947. Ejaan Soewandi juga disebut dengan Edjaan Soewandi. Pada saat itu Soewandi adalah seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya, ejaan Soewandi bernama ejaan Van Ophuijsen yang berlaku pada tahun 1901.

4 dari 4 halaman

Komentar Nyeleneh Warganet

Unggahan Ulfa tersebut juga mengundang banyak komentar nyeleneh dari warganet. Salah satunya akun Twitter @ngambisui2021 yang salah fokus dengan ketampanan almarhum kakek Ulfa ini.

“Eyangnya ganteng ka,” tulisnya.

“Sudah santuy sejak 1954,” ungkap akun Twitter lainnya.

Di akhir twitnya, Ulfa bahkan memberi usul agar foto ijazah sekolah kini bisa sesantai seperti foto ijazah kakeknya.

“Mari usulkan ke pak Nadiem agar foto ijazah boleh bergaya seperti dulu!!” tulisnya.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.