Sukses

Malas Bersihkan Makeup dengan Benar, Tungau Bersarang di Bulu Mata Wanita Ini

Karena malas menghapus makeup dengan benar, menyebabkan sejumlah besar tungau berkembang biak di bulu mata wanita ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita dari provinsi Hubei, Tiongkok, menceritakan kisah dirinya yang mengalami mata gatal dan kering dengan bulu matanya yang rontok selama enam bulan terakhir.

Kondisi tersebut membuatnya memutuskan pergi ke dokter. Ketika diperiksa menggunakan mikroskop, dokter menemukan banyak tungau merangkak di sekitar bulu matanya di mana kelenjar meibom berada.

Menurut Health Line, seperti melansir World of Buzz, Rabu (4/9/2019), tungau tersebut disebut dengan tungau Demodex, dan mereka memakan sel-sel kulit mati di folikel rambut. Munculnya tungau ini juga dapat menyebabkan masalah kulit yang mengerikan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Membersihkan Makeup dengan Benar

Dokter mengatakan kalau pasiennya ]malas menghapus makeup-nya dengan benar sehingga menyebabkan sejumlah besar tungau berkembang biak di bulu matanya.

"Tidak heran bahwa dalam enam bulan terakhir, mata saya selalu terasa kering dan gatal dan bulu mata saya sering rontok," kata wanita itu.

 

3 dari 3 halaman

Tungau Bisa Mengakibatkan Penyakit Mata

Dokter kemudian menyarankan agar pasiennya selalu membersihkan riasannya secara menyeluruh setiap kali menggunakan makeup untuk mengurangi kemungkinan tungau tumbuh ke sejumlah titik yang tidak normal.

Jika kondisi yang dialami pasiennya semakin memburuk dan tidak diobati tepat waktu, akan butuh waktu lama untuk pulih.

Dalam kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan pertumbuhan jinak pada lesi mata. Selain itu, mengapus riasan yang tidak tepat juga bisa menyebabkan serangkaian penyakit mata seperti blepharitis dan konjungtivitis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.