Sukses

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Meski bagi beberapa orang nyaman, tidur tengkurap bisa berdampak buruk bagi kesehatan lo.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur tengkurap mungkin memang nyaman dilakukan sebagian orang. Namun, beberapa ahli tidak menyarankan posisi tengkurap ini. Apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Beberapa ahli dan hasil penelitian menunjukkan, tidur tengkurap bisa berdampak dan berbahaya untuk tubuh. Seperti melansir Brightside, Healthline, dan Sleep Advisor, Kamis (5/9/2019), berikut beberapa dampak tidur tengkurap dalam waktu lama.

1. Kurang oksigen

Saat tidur tengkurap, dada akan tertekan. Posisi ini pun bisa menyebabkan lubang hidung tidak terbuka secara bebas.

Hal itu bisa membuat sulit bernapas sehingga tubuh kekurangan oksigen. Jika itu terjadi, Anda mungkin akan tetap merasa lelah ketika bangun pagi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Nyeri leher

Saat Anda tidur tengkurap, Anda perlu memiringkan kepala agar Anda tetap bisa bernapas. Jika itu dilakukan dalam jangka waktu lama, itu bisa membuat leher Anda nyeri. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur posisi tidur dan bantal senyaman mungkin.

3. Sakit di beberapa bagian

Orang yang tidur tengkurap terlalu lama cenderung mengalami sakit di beberapa bagian seperti punggung, lutut, dan sendi. Selain itu, kesemutan dan mati rasa juga bisa menyerang orang yang sering tidur tengkurap.

4. Membuat perut tidak nyaman

Saat tidur tengkurap, perut akan tertekan dan terbebani. Alhasil, itu bisa membuat perut tidak nyaman bahkan bisa mengganggu tidur. 

3 dari 4 halaman

Nyaman tidur tengkurap

Tidur dalam posisi tengkurap memang memiliki banyak dampak negatif. Namun, bagi beberapa orang, posisi ini juga nyaman. Apalagi jika pekerjaan Anda membuat Anda berada di posisi mengoperasikan laptop seharian.

Untuk kenyamanan, Anda mungkin bisa tidur dengan posisi tengkurap untuk beberapa waktu, tapi tidak untuk waktu yang lama dan menjadi kebiasaan.

4 dari 4 halaman

Tips atasi tidur tengkurap

Jika Anda terlanjur terbiasa tidur tengkurap, Anda bisa mencoba berusaha mengubahnya. Bagi beberapa orang, posisi tidur yang tepat pun bisa berbeda. Anda bisa menanyakannya pada dokter. Dalam tahap awal, Anda juga bisa tidur dengan mengubah-ubah posisi Anda.

Selain itu, tips lainnya dari Brightside yaitu dengan menyimpan barang di saku depan piyama atau bagian depan tubuh. Itu akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena ada yang mengganjal ketika tidur tengkurap.

Jika kebiasaan Anda sudah sulit diubah, tips lainnya juga mengakali dengan mengatur posisi tidur. Itu misalnya tidak menggunakan bantal di kepala dan mengatur posisi kaki.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.