Sukses

Aksi Heroik Induk Burung Lindungi Telurnya dari Traktor

Liputan6.com, Jakarta - Aksi ibu melindungi anaknya tak hanya dilakukan manusia. Hewan pun akan berlaku demikian. Baru-baru ini, sebuah video yang menunjukkan seekor burung melindungi telurnya ramai diperbincangkan di media sosial Tiongkok.

Video tersebut pertama kali diunggah akun Twitter @CGTNOfficial dan @PDChina. Melansir dari CGTN, Jumat (12/7/2019), kejadian tersebut berlangsung di Kota Ulanqab, Tiongkok. Dalam video tersebut, terlihat seekor induk burung melebarkan sayapnya dan berhenti di depan traktor yang sedang bergerak.

Ternyata aksi yang dilakukan induk burung itu untuk melindungi tiga telurnya dari kendaraan berat yang sedang melintas.

2 dari 5 halaman

Air dari Pngendara Traktor

Melihat aksi induk burung itu, pengemudi traktor sontak menghentikan traktornya. Setelah berhenti, pengendara itu pun melakukan aksi lainnya.

Pengendara itu lalu menempatkan botol berisi air di dekat burung dan telurnya. Itu dilakukannya untuk berjaga-jaga jika burung membutuhkan air karena udara yang panas.

3 dari 5 halaman

Respons warganet

Video yang memperlihatkan heroiknya seekor induk burung itu pun menuai beragam respons warganet.

"Induk yang cantik dan berani," kata akun @MARYCHUY13.

Sementara akun @lixiayi1, berkomentar "Ibu yang baik!

Ada pula yang memuji cara burung itu menghentikan traktor.

"Menakjubkan! Komunikasi dengan cara aksi, berdiri dengan sayap sebagai tanda berhenti adalah hal yang dapat dimengerti kedua belah pihak," tulis akun @el77kRZHwP7UhqA.

Bukan hanya aksi induk burung yang menuai respons positif, aksi pengemudi traktor pun demikian.

"Terbaik. Cinta ditunjukan oleh seorang pengemudi kepada induk burung, itu menunjukkan dia begitu baik hati dan penuh dengan cinta dan emosi dalam hatinya," komentar akun @DhariwalSanyam.

Namun, ada juga yang merespons tindakan manusia yang memasuki habitat satwa. Misalnya komentar akun @God_OfHumans, "Wowo...! Manusia tolong kasihani kehidupan alam liar."

4 dari 5 halaman

Aksi Serupa

Sebelumnya, aksi serupa yang melindungi telurnya juga pernah tersebar media sosial. Misalnya video yang diunggah ulang @ParveenKaswan di Twitter pada 26 April 2019.

Video berdurasi 43 detik itu menunjukkan seekor induk burung yang melindungi telur yang ada di bawahnya dengan cara mengembangkan sayapnya. Saat itu, traktor lewat tepat di atas tubuhnya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Miris, Anak Burung Makan Puntung Rokok dari Sampah Bekas Manusia
Artikel Selanjutnya
Kakapo, Spesies Burung Beo Tergemuk di Dunia Terancam Punah Akibat Jamur