Sukses

8 Tempat Wisata di Sentul Bogor, Wisata Alam di Dekat Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Kawasan wisata Sentul ini dikelilingi oleh banyak pegunungan.

Liputan6.com, Jakarta Sentul merupakan salah satu daerah di Bogor, Jawa Barat yang menawarkan kawasan bernuansa eco green yang tak begitu jauh dari Jakarta. Sentul atau yang juga biasa dikenal dengan Sentul City adalah sebuah kawasan "kota pegunungan" seluas kira-kira 3000 hektare. Lokasinya berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, di sebelah timur Kota Bogor.

Kawasan ini dikelilingi oleh banyak pegunungan, tak heran jika Sentul menawarkan pesona wisata yang indah. Lokasinya yang tak jauh dari Jakarta membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi.

Sentul dikenal memiliki destinasi wisata modern seperti waterpark, taman budaya dan sajian kuliner di pasar apung, selain itu, Sentul juga menawarkan wisata alam yang asri seperti air terjun.

Nah, bagi Anda yang merencanakan akhir pekan atau libur untuk menghabiskan waktu, Anda bisa memilih Sentul sebagai destinasi untuk melepas penat. Berikut 8 tempat wisata di Sentul yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat(22/3/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jungleland Sentul

Jungleland Adventure Theme Park atau yang biasa dikenal Jungleland Sentul merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Sentul yang menarik dikunjungi bersama keluarga atau teman. Disini terdapat 4 zona yang bisa dinikmati dengan 36 wahana seru , dan pastinya memberikan pengalaman tak terlupakan.

Wahana Jungleland memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya, yaitu memiliki wahana terbanyak di Indonesia, wahana baru pertama di Indonesia : Air Race, Hydrolift, Boat Blaster, Disc’O, serta udara yang segar ala pegunungan.

3 dari 6 halaman

Taman Wisata Gunung Pancar

Untuk Anda yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar.

Tempat wisata di Sentul, Bogor ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding.

Untuk retribusinya Anda cukup merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah pada hari biasa dan 7.500 rupiah pada hari minggu dan sabtu.

4 dari 6 halaman

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong merupakan tempat wisata di Sentul yang cocok bagi Anda yang ingin berburu kuliner. Konsepnya mirip dengan pasar apung di Banjarmasin. Disini terdapat lebih dari 80 jenis kuliner mulai dari masakan tradisional hingga modern.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati wisata air seperti naik perahu, bebek air, atau bola-bola air. Jadi selain menikmati ragam kuliner, Anda juga bisa sambil berekreasi.

5 dari 6 halaman

Air Terjun

Tak hanya wisata modern, Sentul juga memiliki tempat wisata alam seperti air terjun atau curug. Ada beberapa pilihan curug yang dapat dikunjungi ketika Anda berada di Sentul. Beberapa pula belum banyak dikunjungi wisatawan jadi suasananya masih tenang dan nyaman. Berikut pilihan curug yang ada di Sentul :

Curug Hordeng

Curug ini dinamai Curug Hordeng karena aliran air terjunnya mengalir bak sebuah tirai yang menjuntai. Dalam bahasa Sunda berarti tirai penutup jendela.

Keistimewaannya, terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang di bawahnya. Kolamnya pun lebih luas dengan kedalaman antara 2 hingga 2.5 meter. Para wisatawan biasanya memasang hammock diantara pepohonan sambil menghadap ke Curug Hordeng.

Curug Ciburial

Curug Ciburial memiliki kurang lebih antara 7 hingga 9 meter. Diantara curug lainnya, terdapat kolam yang cukup dalam di depan Curug Ciburial. Saat debit air sedang tinggi, kolam tersebut kedalamannya bisa mencapai 4 hingga 5 meter.

Bagi yang suka berenang, kolam ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. Beberapa wisatawan memberanikan diri loncat dari batu paling tinggi. Untuk berjaga-jaga, warga sudah memasang tali sebagai upaya preventif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Leuwi Hejo

Leuwi Hejo merupakan tempat wisata di Sentul yang memiliki suasana alam yang masih asri. Disini Anda dapat menyaksikan aliran sungai dengan airnya yang jernih dan segar. Tak lupa, curug yang indah mengalir deras melalui aliran sungai tersebut.

Meski harus melewati jalan yang cukup terjal untuk sampai pada kawasan ini, seluruh perjuangan Anda akan terbayar tuntas ketika mendapati keindahan alam yang begitu memesona.

6 dari 6 halaman

Taman Budaya Sentul

Salah satu tempat wisata di Sentul yang paling populer adalah Taman Budaya Sentul. Taman Budaya Sentul sering dijadikan untuk tempat outbond karena menyediakan paket-paket tersebut.

Taman Budaya Sentul juga menyelipkan konsep budaya seperti bangunan hingga konsep Budaya Sunda yang kental. Di sini Anda dapat berekreasi dengan keluarga menikmati suasana pegunungan yang mengelilingi tempat ini.

Suasana di sini masih tergolong asri dan sejuk membuat seluruh hiruk pikuk pekerjaan Anda musnah seketika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini