Sukses

Fungsi Mouse Hingga Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

Fungsi mouse ini sering kamu gunakan.

Liputan6.com, Jakarta Mouse adalah salah satu perangkat keras masukan (input) penting yang harus ada ketika kita ingin mengoperasikan sebuah komputer. Fungsi utama mouse sebagai alat penunjuk atau pointing device, menjadi sangat penting dan berguna ketika pertama kali ditemukan.

Mouse pertama kali ditemukan atau dibuat sekitar tahun 1963 oleh Douglas Engelbart. Pada awalnya mouse berbahan dasar kayu dengan hanya satu tombol. Dari tahun ketahun hingga sekarang mouse berkembang menjadi lebih canggih lagi. Bahkan fungsinya tidak hanya untuk pointing device melainkan memiliki fungsi yang lain. Bahkan untuk perangkat laptop, mouse sudah tidak diperlukan lagi. Fungsi Mouse di ganti dengan touch pad yang menyatu dengan laptop.

Pada umumnya mouse memiliki bentuk yang mirip seperti tikus. Itulah mengapa alat ini dinamakan mouse. Dari segi teknologi, mouse dulunya menggunakan sensor mekanik, namun kini telah berkembang ke model optical mouse yang lebih moderen lagi.

Sistem kerja mouse sendiri terletak pada sensor yang berfungsi untuk menggerakkan kursor. Hasil gerakan kursor pada monitor merupakan hasil operasi sensor yang digerakkan oleh putaran bola atau optical sensor yang sekarang ini banyak digunakan oleh mouse modern. Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah beberapa informasi mengenai mouse yang perlu kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Mouse

1. Untuk menjalankan suatu program

Mouse memiliki peranan penting untuk memulai menjalankan suatu program yang terdapat pada komputer. Selain itu dengan mouse kita juga dapat membuka file.

2. Untuk memilih objek

Dengan menggunakan mouse, kita akan lebih mudah untuk memilih file atau program yang ingin kita buka atau jalankan.

3. Melakukan drag and drop

Drag and drop adalah salah satu fungsi mouse yang dapat mempermudah kerja kita. Hanya dengan mouse, kita dapat menarik file yang ingin pindah atau ingin kita salin.

4. Melakukan operasi scroll

Fungsi mouse ini hanya ada pada mouse generasi terbaru yang dimana memiliki tambahan seperti bola atau ban kecil yang terdapat ditengah-tengah bagian depan mouse. Dengan bagian ini. Scrolling juga biasanya digunakan untuk menjelajah suatu halaman ketika sedang melakukan browsing di internet.

Operasi scroll pada mouse ini juga menggantikan tanda panah kebawah (arrow) pada keyboard. Selain itu jika fungsi mouse yang satu ini juga bisa digunakan untuk menurunkan atau menaikan volume suara.

5. Fungsi lain mouse

Fungsi mouse linnya adalah ketika mouse digunakan untuk tingkat lebih lanjut seperti untuk mendesain sebuah gambar, dan program-program tertentu.

3 dari 4 halaman

Jenis Mouse

Karena perkembangan jaman, mouse memiliki berbagai jenis dengan fungsi mouse yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis mouse yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Mouse Menurut Pendeteksian Mouse:

1. Mechanical mouse

Mechanical mouse adalah generasi mouse pertama, dimana mouse ini masih menggunakan bola kecil yang menjadi sensor untuk mendeteksi gerakan mouse pada komputer.

2. Optomechanical mouse

Hampir sama dengan mechanical mouse, optomechanical mouse memiliki keakuratan sensor yang lebih tinggi karena memiliki sinar yang dapat merepresentasikan posisi koordinat ponter.

3. Optical mouse

Mouse jenid ini tidak menggunakan sistem mekanik sama sekali, tidak menggunakan bola kecil untuk sensornya. Optical mouse menggunakan sinar laser untuk mendeteksi perkegakan mouse.

4 dari 4 halaman

Jenis Mouse Menurut Koneksi Mouse ke komputer atau Laptop

 1. Bus mouse

Mouse jenis ini adalah mouse generasi pertama yang digunakan pada komputer IBM. Mouse ini terkoneksi pada PC melalui bus yang terintegrasi pada ISA add-in card

2. Serial mouse

Seperti namanya, mouse ini disambungkan melalui serial port, yaitu sebuah media komunikasi digital di mana informasinya dikirimkan secara bit per bit.

3. PS/2 mouse

PS/2 mouse menggunakan konektor berupa enam pin mini-din. Mouse ini booming mulai tahun 1987.

4. USB Mouse

Mouse ini menggunakan USB sebagai jembatan pengiriman sinyal dari mous eke monitor. Mouse dengan USB pertama kali diproduksi pada tahun 1990-an.

5. Wireless mouse

Jenis terakhir adalah wireless mouse. Mouse ini adalah mouse generasi yang paling baru. Keunggulannya adalah memberikan kesan yang rapi karena tidak menggunakan kabel. Namun wireless mouse memiliki kekurangan yaitu harus menggunakan baterai dalam pengoprasiannya.

Itulah beberapa fungsi mouse hinga beberpa jenis mouse dilihat dari pendeteksi mouse dan koneksi mouse ke komputer. Di masa sekarang mouse memang masih menjadi salah satu alat pendukung yang wajib dan dapat memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer. Namun bisa saja fungsi mouse akan di singkirkan oleh teknologi-teknologi yang lebih baru lagi dan lebih moderen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini