Sukses

6 Trik Pintasan Mouse Komputer yang Jarang Diketahui, Bakal Berguna Banget

Liputan6.com, Jakarta Mouse merupakan salah satu perangkat keras pendukung pada sebuah komputer atau laptop. Mouse digunakan untuk menggerakkan kursor yang ada pada sebuah sistem komputer. Kursor ini penting dan berguna untuk melakukan segala kegiatan pada komputer dan laptop.

Meski pada laptop sudah tersedia touchpad untuk menggerakkan kursor, masih banyak orang yang menggunakan mouse pada laptopnya. Hal ini karena dengan menggunakan mouse, pengguna laptop lebih leluasa menggerakkan kursornya untuk kegiatan tertentu seperti mengedit foto dan video atau bermain game.

Kebanyakan orang hanya menggunakan mouse sebagai penggerak kursor pada komputer mereka. Sebagian hanya memanfaatkan mouse untuk scrolling, klik kiri dan klik kanan untuk menggerakkan kursor komputer.

Namun, sebenarnya banyak shortcut atau jalan pintas untuk mempermudah pekerjaan di komputer yang dapat dilakukan oleh mouse komputer Anda. Tak hanya scrolling, klik kiri atau klik kanan, mouse memiliki berbagai fungsi yang jarang diketahui atau disadari.

Pintasan ini jarang dimanfaatkan bahkan banyak yang belum mengetahui adanya pintasan ini. Padahal pintasan-pintasan ini amat berguna untuk mempermudah pekerjaan Anda di komputer. Pintasan-pintasan ini mungkin dapat mempercepat pekerjaan Anda dan mengatasi beberapa kesulitan saat penggunaan mouse.

Berikut Liputan6.com lansir dari Maketecheasier Senin(18/2/2019) trik pintasan mouse komputer yang jarang diketahui penggunanya.

2 dari 3 halaman

Trik ini jarang diketahui

Maksimalkan Fungsi Roda Mouse

Kebanyakan orang menganggap bahwa mouse hanya memiliki 2 tombol yaitu tombol untuk klik kanan dan klik kiri. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Diantara tombol klik kiri dan klik kanan, terdapat sebuah roda untuk menggulir atau scroll pada komputer. Roda yang ada di tengah mouse dapat membantu aktivitas mouse lebih dari sekadar menggulir.

Roda di antara 2 tombol ini dapat diklik seperti tombol lainnya, dengan menekannya. Beberapa pintasan dapat dihasilkan dengan roda mouse ini.

Dengan menekan roda mouse Anda dapat menjadikannya sebagai jalan pintas untuk membuka tautan pada browser di tab baru. Caranya dengan menekan roda mouse tepat di atas tautan, maka tab baru akan otomatis terbuka dengan sendirinya pada browser Anda.

Menggulir Lebih Cepat dengan Pintasan Roda Mouse

Pintasan lain adalah, dengan menekan roda pada sebuah halaman, baik itu browser atau lembar kerja, akan memungkinkan Anda untuk menggulir (scrolling) dengan cepat. Pengguliran cepat ini dapat mempermudah Anda agar tak perlu lagi memutar roda terus menerus untuk mencapai posisi yang diinginkan. Anda hanya cukup menekan roda mouse pada sebuah halaman dan Anda dapat scrolling dengan cepat.

Selain itu, saat dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard sambil menggulirkan atu scroll roda mouse ke bawah dan keatas akan memperbesar atau memperkecil tampilan pada halaman yang Anda buka.

Dobel Klik dan Tripel Klik

Dengan mengklik kiri dua kali pada awal sebuah kata Anda dapat menyorot atau memblok kata tersebut. Jika Anda ingin memblok seluruh paragraf atau kalimat, klik kanan tiga kali pada kata apa pun maka satu paragraf akan terblok.

3 dari 3 halaman

Trik pintasan mouse yang harus diketahui

Shift + Pintasan Mouse

Kadang Anda mencoba untuk memblok seluruh teks paragraf yang sangat panjang menggunakan mouse dan hal ini akan terasa sulit jika ruang pada mouse Anda sempit. Anda akhirnya harus mengangkat mouse sambil tetap menahan klik sehingga Anda dapat menggulirkannya sejauh mungkin.

Namun, ada pintasan mouse yang memungkinkan Anda memblok paragraf teks panjang tanpa harus repot karena ruang gerak mouse yang sempit.

Tempatkan kursor di awal teks yang ingin Anda blok, lalu gulir ke bawah sampai akhir yang diinginkan. Tekan tombol Shift pada keyboard, lalu klik kiri tempat dimana Anda ingin mengakhiri blok. Dengan pintasan ini seluruh paragraf yang panjangpun dapat diblok pada satu waktu dan lebih cepat.

Anda tak perlu lagi khawatir ruang gerak mouse yang sempit, dan harus repot mengangkat atau mencari cara lain untuk memblok sebuah teks atau paragraf yang panjang.

CTRL + Klik Pintasan

Jika Anda ingin menyorot atau memblok bagian teks yang tidak berdekatan satu sama lain, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard sambil mengklik kiri apa pun yang ingin Anda blok.

Blok bagian pertama teks atau kata dengan cara manual, kemudian tekan Ctrl sambil menyorot teks atau kata lainnya yang berjauhan. Trik ini akan berguna untuk Anda ketika mencoba untuk menyalin hanya sebagian teks atau kata pada keseluruhan teksnya.

Kelola Ukuran Jendela dengan Mouse

Untuk memaksimalkan atau maximize jendela yang terbuka di komputer Anda, biasanya Anda akan mengklik tombol maximize di sudut kanan atas jendela.

Cara yang lebih cepat untuk mengubah ukuran sebuah jendela yang terbuka adalah dengan mengklik dua kali pada title bar atas dari jendela tersebut. dengan cara ini, secara otomatis jendela akan ter-maximize atau minimize.