Sukses

Cara Membuat Essay yang Baik, Dilengkapi Pengertian dan Tahapannya

Liputan6.com, Jakarta Menulis merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan seseorang saat berada di bangku sekolah. Sejak dini, seorang anak wajib diajarkan untuk menulis, keran menulis adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki. 

Tak hanya di bangku sekolah, nyatanya kemampuan menulis juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Beberapa posisi dalam pekerjaan sangat bergantung pada kemampuan menulis. Bahkan beberapa orang menjadi memiliki hobi menulis sebagai bentuk ekspresinya melalui olahan kata-kata. Salah satu karya menulis yang sering ditemui adalah essay.

2 dari 4 halaman

Definisi essay

Essay merupakan suatu bentuk tulisan yang menggambarkan sebuah opini dari penulis tentang subyek tertentu. Di dalam essay berisi tentang opini, pandangan atau ekspresi pribadi dari penulis mengenai sebuah hal yang sedang terjadi atau berlangsung di masyarakat.

Bagi sebagian orang menulis sebuah essay yang baik adalah hal yang sulit karena belum mengetahui cara membuat essay yang baik. Secara umum, essay adalah sebuah tulisan yang berisi tentang pendapat kamu terhadap suatu fenomena.

Agar tulisan essay kamu dapat tersampaikan dengan baik, kamu perlu memerhatikan beberapa hal. Cara membuat essay yang baik pun sangat mudah agarkamu siap membuat essay yang baik dan menarik.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (20/3/2019) dari beberapa sumber, berikut cara membuat essay yang baik agar tulisan essay kamu menjadi karya tulisan yang menarik dan mampu menyampaikan opini dengan runtut.

3 dari 4 halaman

Cara membuat essay yang baik, tentukan tema, lakukan riset dan buat outline

Beberapa tahapan dalam cara membuat essay yang baik perlu kamu perhatikan. Hal ini penting agar tulisan essay yang kamu buat tidak salah sasaran dan tidak melebar ke permasalahan yang tidak ada hubungannya.

Beberapa cara membuat essay yang baik, bisa kamu perhatikan beberapa poin dibawah ini sebagai berikut:

1. Pikirkan dan tentukan tema/topik yang akan dibuat essay

Menentukan tema atau topik adalah cara membuat essay pertama yang harus kamu lakukan.  Penting terlebih dahulu untuk menentukan tema essay.

Disarankan bagi kamu untuk memilih tema yang disukai oleh banyak orang. Hal ini agar tulisan essay kamu dapat dibaca oleh banyak orang.

2. Melakukan riset

Setelah kamu menentukan tema, cara membuat essay yang baik selanjutnya adalah melakukan riset.

Riset yang dilakukan bisa melalui pencarian-pencarian melalui buku, internet, jurnal, arsip, koran atau bahkan kamu bisa langsung terjun ke tengah masyarakat untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

Dalam melakukan riset ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar essay yang kamu buat menjadi tulisan yang baik dan akurat. Beberapa hal tersebut antara lain:

-  Fokus pada salah satu atau dua metode untuk riset.

-  Carilah sumber-sumber yang akurat dan dapat dipercaya seperti web jurnal, buku-buku dari penulis yang berkompeten dan sebagainya.

- Lakukan riset melalui buku terlebih dahulu lalu lengkapi dengan penambahan informasi melalui web jurnal atau media internet lainnya.

-  Catat semua sumber riset yang kamu dapat, agar jika kamu ingin mengutip kamu dengan mudah dan cepat menemukannya sehingga akurasi essay kamu buat dapat dipercaya.

3. Merancang outline

Semua karya tulisan yang baik biasanya berasal dari sebuah kerangka tulisan atau outline. Kerangka tulisan akan membantumu menyusun essay dengan runtut dan tidak melebar jauh dari topik yang telah kamu tentukan.

Dari kerangka tersebut agar mempermudahmu untuk menyusun ide-ide yang bisa kamu tuangkan dalam essay.

4 dari 4 halaman

Cara membuat essay yang baik, pemilihan kata dan mulai menulis

4. Perhatikan susunan dan pemilihan kata dalam essay

Sebuah karya tulisan sangat penting untuk menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat. 

Cara membuat essay yang baik maka penting bagimu untuk menyusun essay dengan pemilihan kata yang sesuai. Essay adalah karya tulis sehingga menggunakan bahasa yang formal.

Walaupun target pembaca essay kamu adalah masyarakat biasa, tetap gunakan bahasa yang formal. Jika target essay yang kamu buat adalah para intelektual atau para tokoh akademis, maka ada baiknya jika bahasa yang digunakan adalah bahasa intelektual yang khas dengan para akademisi.

5. Tulis dan buat essay

Setelah memahami tahapan sebelumnya, kini kamu bisa membuat essay. Menulislah essay kamu sesuai dengan topik dan kerangka yang telah kamu susun. Jangan lupa pilih bahasa yang baik dan gunakan bahasa yang formal. Cantumkan sumber-sumber terpercaya dan relevan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis essay adalah kamu perlu mengetahui susuan essay itu sendiri. Dalam essay terdapat tiga bagian penting, yaitu pembukaan , isi essay dan penutup.

Dalam pembukaan beri penyampaian tentang permasalahan yang akan dibahas dan alasan mengapa masalah tersebut patut diperhatikan. Kemudian kamu bahas masalah tersebut di dalam isi. Isi bisa mengacu pada kerangka yang telah kamu buat tadi. Kemudian bagian penutup berisi kesimpulan.

Setelah kamu selesai membuat essay, jangan lupa beri judul yang sesuai. Kamu bisa memberikan judul pada akhir tahapan agar judul dapat mewakili keseluruhan essay yang kamu tulis. Usahakan membuat judul semenarik mungkin agar orang-orang tertarik untuk membaca karya tulisan essay kamu.