Sukses

Meme Lucu Bahasa Jawa Ini Bikin Bingung tapi Juga Mengundang Gelak Tawa

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memang terkenal dengan keragaman budayanya. Namun bukan hanya budayanya saja yang cukup beragam, akan tetapi bahasa daerah yang dimiliki oleh Indonesia juga sangat banyak. Indonesia sendiri memiliki bahasa daerah berjumlah 721 bahasa. Tentu saja jumlah ini sangat banyak dibandingkan jumlah bahasa daerah yang dimiliki oleh negara lain.

Dari ratusan bahasa daerah yang dimiliki ada bahasa-bahasa daerah yang cukup banyak dan sering digunakan. Antara lain ialah bahasa Jawa sekitar 80 juga penutur, kemudian bahasa Melayu-Indonesia, bahasa Sunda, bahasa Madura, bahasa Batak, bahasa Minangkabau, bahasa Bugis, Bahasa Aceh, Bahasa Bali dan juga bahasa Banjar.

Bahasa Jawa sendiri paling banyak digunakan, karena jumlah masyarakat di pulau jawa sendiri merupakan yang terbanyak dibanding pulau lainnya. Maka tak heran jika persebaran bahasa Jawa ini cukup luas.

Berbicara mengenai eksistensi bahasa Jawa, banyak yang membuat lelucon dengan bahasa jawa. Banyak pula meme lucu bahasa Jawa yang bisa kamu temui di berbagai media sosial.

Meme lucu bahasa Jawa ini bisa digunakan untuk guyonan sehari-hari. Meski menggunakan bahasa daerah, meme lucu bahasa Jawa ini pun cukup populer dan bisa bikin kamu tertawa. Liputan6.com pun telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019) tentang meme lucu bahasa Jawa berikut ini.

2 dari 6 halaman

Ngajak nikah dengan simpel

Bahasa jawa memang terdengar lebih simpel dibandingkan dengan bahasa Indonesia atau pun bahasa Inggris. Bahkan ada loh bahasa Jawa yang menggunakan satu atau hanya dua kata saja sudah bisa mengartikan maksud dan tujuannya. Seperti meme lucu bahasa Jawa satu ini.

Jika di Inggris menggunakan 'will you marry me?', serta Jepang menggunakan kata 'kekkon suru amaimono?', saat melamar seorang kekasih menggunakan bahasa Indonesia pun terkesan sangat manis.

Namun dibandingan dengan yang ada pada meme lucu bahasa jawa itu, sang pria terdengar to the point. Tidak perlu banyak kata-kata manis, yang penting maksud dan tujuan tercapai. Rabi yo pada bahasa jawa ini memiliki arti Nikah yuk. Terdengar sangat simpel bukan.

3 dari 6 halaman

Udah sayang tapi cuma teman

Siapa nih yang pernah mengalami hal serupa? Udah deket sampai sayang-sayangan ternyata cuma dianggap sebagai teman semata. Mungkin meme lucu bahasa Jawa ini bisa mewakilkan perasaan kamu ya. Bahkan di meme lucu bahasa Jawa ini juga terselip pantun loh.

Meskipun menyedihkan dan membuat hati sesak, akan tetapi tak perlulah untuk merana di waktu yang lama. Jika memang si dia hanya menganggap kamu teman, ya mungkin saja memang hubungan kalian lebih baik saat berteman. Daripada menjadi sepasang kekasih namun selalu sakit hati karena si dia tidak benar-benar sayang.

4 dari 6 halaman

Daging Ikan = Iwak iwak?

Kadang kala karena penyebutan menggunakan bahasa Jawa yang simpel membuat beberapa hal memiliki nama yang sama. Pada meme lucu bahasa Jawa ini pun terlihat penggunaan kata iwak yang bisa diartikan berbagai hal. Padahal iwak sendiri memiliki arti sesungguhnya itu ikan.

Tapi beberapa orang Jawa, terutama orangtua sering menyebut daging pun dengan sebutan iwak. Seperti daging ayam pun disebut dengan iwak pitik. Dimana pitik sendiri memiliki arti ayam. Lantas jika daging ikan disebut dengan apa nih jadinya? Siapa yang bisa memecahkan masalah di meme lucu bahasa jawa tersebut?

5 dari 6 halaman

Kenangan yang tersisa

Memiliki seorang kekasih memang menyenangkan. Namun saat berpisah tentu saja akan terasa menyakitkan dan juga sedih. Apalagi jika mengingat berbagai kenangan yang pernah terjadi bersama. Tentu mengingat segala kenangan yang tersisa bisa membuat kamu jadi susah untuk move on.

Namun jika kamu menyandingkan bahasa jawa dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, ada beberapa kata yang kurang pas dan bisa jadi justru membuat kamu bingung. Seperti kata remaining dalam bahasa Inggris itu berarti memberikan kesa jika sesuatu yang pernah ada ditinggalkan ataupun diambil sebagian. Sedangkan dalam bahasa Indonesia berarti tersisa.

Namun dalam bahasa jawa yang ada di meme lucu bahasa Jawa tersebut, turah sendiri memang memiliki arti sisa, akan tetapi pada konotasi yang berbeda. Terkadang beberapa kata memang memiliki arti yang sama tapi penggunaan berbeda sehingga membuat membingungkan.

6 dari 6 halaman

Versi bahasa jawa lebih banyak

Jika menurut kamu bahasa Jawa hanya memiliki satu versi saja, itu salah ya. Karena pada nyatanya satu kata dalam bahasa jawa saja memiliki berbagai nama.

Arti yang dimiliki memang sama, namun penggunaannyalah yang berbedapbeda. Tentu saja penggunaan kata dalam bahasa jawa ini pun dibedakan terhadarap tingkat kesopanan dan pada siapa kamu ingin berbicara.

Nah, itu tadi rangkuman meme lucu Bahasa Jawa, kocak abis kan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Meme Otomotif Pekan Ini: Tips Menghindari Begal
Artikel Selanjutnya
Meme Otomotif Pekan Ini: Kala Tunggangan Orangtua Kalah Keren dari Anak