Sukses

Cara Move On dari Mantan Tersayang, Saatnya Mulai Lembaran Baru

Jangan takut untuk memulai hubungan asmara yang baru.

Liputan6.com, Jakarta Mengakhiri sebuah hubungan percintaan akan terasa sulit jika kamu sudah amat mencintai pasanganmu. Bayang-bayang akan sang mantan akan selalu terngiang di pikiran.

Namun dunia tak lantas kiamat saat kamu mengalami putus cinta. Kehidupan harus terus kamu jalani. Ada waktunya kamu harus move on dari mantan tersayang.

Mungkin cara move on dari mantan tersayang akan sulit dilakukan pada awal berakhirnya hubungan. Tetapi kamu harus tetap melakukannya. Putus cinta bukanlah hal yang akan meruntuhkan seluruh duniamu. Merelakan dan melepaskannya adalah cara untukmu dapat bangkit dan segera move on menjalani babak kehidupan selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab susah move on secara Ilmiah

Cara move on dari mantan memang tidaklah mudah. Hal ini juga dapat dijelaskan secara ilmiah. Seperti dilansir Liputan6.com dari Nbcnews, Selasa (5/3/2019), Travis McNulty, LMHC, seorang terapis yang berpraktek di Florida mengatakan

“Selama berpacaran, otak monogamimu telah mengidentifikasi orang ini sebagai pasanganmu, manusia dirancang secara biologis untuk bereproduksi, jadi ada reaksi biokimia yang kuat yang terjadi setelah melihat 'pasangan' yang melepaskan neurotransmitter kuat sehingga membuat kamu merasa baik." Lanjutnya.

Jadi pada dasarnya, mengalami putus cinta sama seperti mencoba untuk berhenti obat-obatan. Ketika otakmu mengonseptualisasikan bahwa pasanganmu tidak lagi bersamamu, kesedihan pun muncul. Pikiranmu tidak lagi melepaskan zat kimia perasaan-baik (oksitosin dan dopamin) yang pernah dilepaskan setiap kali kamu melihat orang ini.

Meski begitu, cara move on dari mantan dapat dengan mudah kamu lakukan jika kamu memilik niat yang kuat untuk melupakan kenanganmu. Berikut cara move on dari mantan tersayang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (5/3/2019)

3 dari 7 halaman

Curhat

Cara move on dari mantan adalah cari sahabat terbaikmu untuk curhat. Menceritakan kisah perpisahanmu bisa menjadi salah satu cara pelepas stress usai putus, terutama jika kamu curhat dengan sekelompok orang yang juga telah mengalami pengalaman serupa.

Tetapi jika itu terus menjadi satu-satunya topik pembicaraan selama berminggu-minggu sesudahnya, itu bisa merusak proses move on kamu lho.

Ceritakan kisahnya sekali saja pada teman curhatmu. Lalu minta saran apa yang harus kamu lakukan agar bisa cepat move on.

4 dari 7 halaman

Jalin pertemanan baru

Terkadang, kesulitan melupakan sosok mantan itu dikarenakan mereka yang baru putus berkeputusan untuk menyendiri dan menghindar dari publik atau keramaian. Suasana sunyi dan sepi umumnya membuat seseorang semakin sedih perasaannya karena pikiran pasti terfokus khususnya pada kondisi putus cinta dan tidak ada orang lain yang bisa menyemangatinya.

Sangat disarankan untuk mereka yang baru putus cinta untuk berkenalan dengan orang-orang baru. bersosialisasi dengan orang baru akan membuat pikiran teralihkan dan juga lebih terbuka akan hal baru yang pastinya jauh lebih menarik untuk dibicarakan.

5 dari 7 halaman

Stop stalking mantan

Ketika sebuah hubungan harus berakhir, keinginan untuk berhenti memikirkan mantan hanya bisa diwujudkan jika kamu berhenti mencari tahu. Baik secara langsung atau lewat media sosial. Cara move on dari mantan yang paling ampuh adalah memblokir seluruh akun sosial medianya.

Dengan tidak mengetahui kabarnya, kamu bisa mengurangi kepedulian terhadap apa yang dilakukannya dan bisa benar-benar move on.

Stalking mantan melalui sosial media hanya akan membuat kamu semakin terikat dengannya. Hindari untuk melakukan hal tersebut hingga hatimu sendiri yang mengatakan untuk berhenti. Jalani hidup kamu dengan baik seperti seharusnya tanpa harus mengetahui kehidupan mantan kekasih.

Setelah hubungan percintaan kamu dan kekasih berakhir, hindari untuk mencoba dekat bahkan hanya sekedar berteman. Hubungan pertemanan yang dijalani itu hanya akan membuatmu semakin tertekan dan susah move on.

Kamu memang tak perlu lagi menyimpan dendam padanya, namun batasi juga hubungan dengan mantan demi ketenangan dirimu. Untuk sementara ini batasi hubunganmu dengannya, ya.

 

6 dari 7 halaman

Cari kesibukan

Cara move on dari mantan yang paling ampuh adalah menyibukkan diri. Saat berada dalam kesendirian dan tidak melakukan aktivitas apapun inilah justru pikiran akan terus memutar ingatan dan kenangan saat bersama dia. Jangan membiarkan dirimu berada dalam kesendirian dalam waktu yang lama.

Bila memang kamu merasa harus menyendiri, lakukanlah sesuatu dan jangan biarkan dirimu tidak melakukan hal apa-apa. Kamu bisa mencoba menghabiskan waktu dengan membaca, menonton film, mendengarkan musik, atau hal yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban.

Terus sibukkan diri sendiri dengan melakukan berbagai macam aktivitas yang membuat kamu tidak sempat memikirkan diri sendiri atau tidak melakukan apapun atau melamun.

Caranya, kamu bisa melakukannya dengan kumpul-kumpul bersama teman-teman, melakukan hobi yang kamu sukai, berjalan-jalan di mal atau taman, berkumpul bersama keluarga.

7 dari 7 halaman

Evaluasi hubungan

Cara move on dari mantan yang terakhir adalah melakukan evaluasi hubungan. Tuliskan apa yang telah kamu dapat dari hubunganmu selama ini. Membuat daftar apa yang telah kamu pelajari dari suatu hubungan tidak hanya memperkuat alasan mengapa kamu tidak cocok dengannya, tetapi membantu memberi kamu gambaran yang lebih baik tentang jenis pasangan yang paling cocok denganmu.

Habiskan waktu tersendiri untuk merefleksi diri sehingga kamu dapat menemukan apa sebenarnya yang tidak kamu sukai dari mantan. Bertanyalah pada dirimu sendiri apakah si dia membuatmu menjadi seseorang yang bukan dirimu? atau Apa alasan yang membuatmu membencinya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini