Sukses

5 Tips agar Rumah Aman Selama Ditinggal Liburan Akhir Tahun

Berikut tips agar rumah aman selama ditinggal liburan akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Libur akhir tahun telah tiba. Apakah kamu sudah punya rencana untuk menghabiskan waktu libur tahunan ini? Jika ya, bagaimana nasib rumah yang ditinggal saat tengah liburan? 

Momen liburan memang sangat menyenangkan. Namun, kamu tak boleh melupakan keamanan saat kediamanmu ditinggal ya. Berikut tips agar rumah aman selama ditinggal liburan akhir tahun.

1. Simpan barang berharga ke tempat yang paling aman

Sebaiknya simpan barang-barang berharga kamu, seperti uang, perhiasan, dan kendaraan ke tempat yang paling aman.

Misalkan jika kamu membutuhkan keamanan lebih, kamu bisa memanfaatkan layanan penitipan barang yang disediakan oleh bank atau pegadaian terdekat. Dan untuk kendaraan, kamu bisa memanfaatkan layanan penitipan kendaraan yang disediakan oleh kepolisian setempat.

2. Pastikan jendela dan pintu terkunci rapat

Memastikan kembali semua bagian rumah terkunci rapat, khususnya akses masuk seperti pintu, jendela, dan pagar tertutup rapat. Tak hanya harus tertutup rapat, kamu juga bisa menambahkannya dengan gembok agar lebih aman.

3. Hentikan pengiriman barang, surat, dan Koran

Barang, surat, dan koran yang menumpuk akan membuat rumah kamu kelihatan tak berpenghuni dan memancing tindakan kejahatan. Jadi jangan lupa untuk hentikan pengiriman barang ya saat kamu hendak liburan akhir tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Kosongkan tempat penampungan air

Kosongkan semua tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember dan yang lainnya. Hal ini berguna agar selama rumah kosongmu tak menjadi sarang nyamuk demam berdarah.

5. Cabut aliran gas dan listrik yang tidak perlu

Sebelum melakukan perjalanan selama liburan akhir tahun, jangan lupa untuk mengecek aliran listrik atau gas yang tidak diperlukan di rumahmu. Meski tampak sepele, tapi barang-barang terutama barang elektronik bisa menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran.

Sumber: Reservasi.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.