Sukses

Mandi Sebelum Tidur dan Pagi Hari Punya Manfaat Berbeda, Cek di Sini

Ada orang-orang yang biasa mandi sebelum tidur tapi ada pula yang memilih untuk langsung tidur baru keesokan harinya mandi.

Liputan6.com, Jakarta - Ada orang-orang yang biasa mandi sebelum tidur tapi ada pula yang memilih untuk langsung tidur baru keesokan harinya mandi. Pilihan yang Anda ambil, ternyata terdapat pertimbangan masing-masing.

Mandi di malam hari sebelum tidur atau keesokan harinya, ditentukan oleh gaya hidup seseorang. Sebuah penelitian di Universitas Harvard, mengungkap momen yang tepat untuk mandi.

Mandi di pagi hari disebut penting untuk dilakukan saat menghadapi pekan yang berat dan banyak masalah. Shelley Carson, seorang peneliti dan pengajar psikologi di Universitas Harvard menyebutkan bahwa mandi di pagi hari dapat meningkatkan kreativitas, terutama di tempat kerja. Cara ini membuat seseorang menjadi lebih kreatif karena tubuh jadi rileks tapi tetap terjaga.

"Bila kamu menghadapi masalah yang perlu dipecahkan secara kreatif tapi pikiranmu sudah mampat, maka kamu dapat merilekskan otakmu sambil tanpa sengaja tetap membuatnya terjaga," jelas Carson.

Ketika sedang santai, proses kognitif di otak juga menjadi santai, diperbaharui, dan mengalami regenerasi. Hal ini menyebabkan solusi yang tetap bisa tiba-tiba muncul ke dalam otak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sama seperti mandi pagi, mandi di malam hari jug punya manfaat lain. Membasuh diri di malam hari dapat membantu menetralkan suhu tubuh sehingga tubuh lebih santai dan lebih mudah tidur.

Peranan mandi terhadap tidur yang nyenyak itu juga diungkapkan oleh Christopher Winter, MD dari American Academy of Sleep Medicine.

"Pendinginan secara cepat usai mandi dapat menjadi salah satu sebab kantuk yang alami. Ini dapat membuat tubuh berpikir bahwa inilah saat untuk tidur," ungkap Winter.

Mandi juga dapat mengurangi tingkat kortisol yang mendorong stres. Inilah kenapa mandi memiliki khasiat tersendiri baik di pagi atau malam hari.

Reporter: Rizky Wahyu Permana

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.