Sukses

Waspada, 5 Cara Stres Merusak Tubuh Anda Tanpa Disadari

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda merasa stres, Anda akan sulit untuk fokus pada hal lain. Kemudian Anda akan mendapatkan semacam rasa sakit yang aneh.

Ternyata, sakit kronis itu bisa saja disebabkan oleh stres dalam hidup Anda. Entah itu reaksi psikosomatis terhadap tubuh Anda yang kewalahan atau reaksi fisik yang sebenarnya.

Berikut ini cara-cara stres merusak tubuh Anda tanpa disadari seperti dilansir dari Shared.com.

1. Nyeri otot

Rasa sakit yang Anda alami di seluruh tubuh terkadang bukan karena salah posisi saat tidur. Ini bisa menjadi salah satu penanda stres. Stres diketahui dapat menyebabkan rasa sakit di punggung, rahang, bahkan memicu sakit kepala.

Menurut American Institute of Stress, ketika tubuh dalam keadaan tegang, ini akan dirasakan oleh otot. Otot yang lebih tegang ketimbang biasanya bahkan ketika Anda merasa tidak sedang melakukan sesuatu bila dibiarkan berlarut-larut tentunya dapat membahayakan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Masalah pada pernapasan

Anda mungkin bahkan tak menyadari bagaimana pernapasan Anda telah berubah sejak menjadi lebih stres. Biasanya saat Anda stres, Anda akan bernapas lebih cepat daripada biasanya.

Pernapasan cepat ini mengurangi jumlah napas panjang yang bisa Anda dapatkan dalam meraih oksigen di udara. Ini bahkan dapat memicu serangan panik pada beberapa orang.

3. Masalah jantung

Detak jantung meningkatkan adalah sesuatu yang baik, tapi itu hanya saat Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup dan menjaga kebugaran. Tapi jika ini berlaku setiap saat, jantung Anda tak akan bisa menerimanya.

Stres berulang dan berkepanjangan dapat menyebabkan radang arteri koroner dan memicu serangan jantung.

 

3 dari 3 halaman

4. Gula darah tak seimbang

Menempatakan diri dalam situasi yang terus-menerus membuat stres memaksa kelenjar adrenal Anda untuk bekerja lebih keras. Sayangnya, dengan 'banjir' hormon adrenalin, hati pun harus bekerja lebih keras.

Hati kemudian akan melepaskan lebih banyak glukosa. Seiring waktu, kadar gula darah pun meningkat.

5. Masalah pada perut

Stres dapat memengaruhi sistem pencernaan dalam beberapa cara berbeda. Pertama-tama, itu menyebabkan kelebihan asam lambung yang membuat mulas. Ini juga dapat menyebabkan rasa mual yang berujung pada muntah.

Dan bila tubuh tak bisa menyerap nutrisi dengan baik karena stres, tubuh pun bereaksi dengan diare atau sembelit. Keduanya sama-sama tidak menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.