Sukses

7 Hari Nonstop Nonton Drama, Gadis Ini Terancam Buta

Gara-gara terlalu lama menonton drama, mata gadis ini tegang sampai akhirnya menyebabkan stroke.

Liputan6.com, Jakarta - Memang apapun yang berlebihan tak selalu berujung baik. Kasus yang dialami oleh gadis asal Tiongkok satu ini mungkin menjadi pelajaran bagi banyak orang, bahwa apapun aktivitasnya tubuh juga punya batas maksimal.

Gara-gara menonton drama tujuh hari berturut-turut tanpa berhenti, seorang gadis bernama Ting mengalami struk mata. Niat menonton ini muncul ketika Ting mendapat hari libur pada awal Oktober lalu.

Gadis itu berniat menghabiskan waktunya untuk menonton drama kesukaanya. Namun drama yang ia suka ternyata mencapai 70 episode. Ting berniat untuk menghabiskan seluruh episode yang ia lewatkan dalam waktu tujuh hari.

Setelah menyelesaikan seluruh drama yang ia saksikan, pada 7 Oktober gadis itu mengaku mata kirinya tak lagi dapat melihat dengan jelas. Hal ini ia dapatkan setelah bangun tidur dan terkejut karena hanya bisa melihat bayangan saja pada mata kirinya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menderita neuropati optik iskemik anterior

Mendengar keluhan itu, akhirnya si gadis dilarikan ke rumah sakit oleh keluarganya untuk mendapat penanganan. Saat diperiksa, gadis itu menderita neuropati optik iskemik anterior atau disebut AION.

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke saraf optik mata mengalami hambatan hingga akhirnya berkurang. Dalam kasus Ting, gadis itu mengalami mata tegang akibat terlalu lama melihat layar komputer.

Ditambah lagi dengan cuaca dingin yang membantu mengurangi aliran darah ke matanya. Meski mengalami masalah yang serius, mata Ting masih bisa kembali normal.

Menurut para ahli, stroke mata merupakan masalah yang relatif tidak menyakitkan namun efeknya cepat mengurangi pengelihatan seseorang sampai akhirnya menjadi parah jika diabaikan.

Telat sedikit saja, masalah ini dapat menyebabkan kebutaan permanen. Faktor utama munculnya masalah mata ini sebagian besar diakibatkan karena melihat layar baik dari smartphone atau laptop dalam kegelapan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.