Sukses

Ini Deretan Cara Ampuh Cegah Mata Perih Saat Memotong Bawang

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian para wanita yang gemar memasak tentu tahu betul bahwa bawang menjadi salah satu bahan yang sering digunakan pada masakan. Bawang bisa memberikan aroma khas dan juga membuat masakan semakin sedap.

Namun berbeda dengan bawang putih, butuh “perjuangan” lebih untuk mengupas bawang merah. Pasalnya ketika mengupas bawang merah akan akan terasa perih hingga tak jarang dari kita yang mengeluarkan air mata. Sayangnya hal tersebut harus dilakukan jika ingin memasak menggunakan bawang merah.

Nyatanya ada beberapa hal yang ampuh membantu kalian terhindar dari mata perih ketika mengupas bawang. Deretan cara tersebut bisa kalian coba nih, untuk menghindari mata perih ketika mengupas maupun memotong bawang merah.

Dikutip Vemale.com, berikut deretan cara yang bisa kalian lakukan ketika mengupas bawang merah. Apa saja? Yuk simak..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Hindari Mata Perih Saat Kupas Bawang

  • Cobalah untuk mendinginkan bawang terlebih dahulu di dalam lemari es sebelum mengupasnya. Hal ini bisa memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan oleh bawang saat dipotong.
  • Usahakan untuk menggunakan pisau yang tajam, untuk membantu mengurangi penguapan zat yang membuat mata pedih.
  • Kalian bisa memanfaatkan cuka untuk mengurangi cairan yang bisa menyebabkan mata pedih.
  • Ketika memotong bawang, nyalakan lilin di dekat talenan atau cobalah mengiris bawang di dekat kompor panas. Hal ini bisa menjauhkan belerang dari mata kalian.
3 dari 3 halaman

Selanjutnya

  • Selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengupas bawang di bawah air yang mengalir. Cara ini dikatakan bisa membantu menghindari air yang membuat pedih.
  • Rendam bawang di dalam air es untuk menghindari kandungan pada bawang yang bisa buat mata perih.
  • Biarkan akar bawang tetap utuh dan tak terpotong. Ini karena ujung akar bawang merah memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang sehingga jika dipotong akan buat mata pedih.
  • Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan garam untuk menghindari zat yang menyebabkan mata pedih. Cukup oleskan garam pada talenan yang digunakan untuk memotong bawang.

Reporter: Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.